Mulai Desember, PKB Majalengka Buka Pendaftaran Caleg 2014

Majalengka– Mulai awal Desember tahun ini, DPC PKB Majalengka memastikan diri sebagai partai pertama di Kabupaten Majalengka yang secara formal dan terbuka akan membuka pendaftaran bagi calon anggota legislatif (caleg). Kepastian tersebut disampaikan Wakil Ketua DPC PKB Majalengka bidang Propaganda dan pemenangan Pemilu, Diding Rosyidin SSos usai mengikuti rapat koordinasi pemantapan rekruitmen Caleg di sekretariat DPC PKB Majalengka jalan Suha 204 Majalengka, Senin (7/11/11).
Menurut Diding, pembukaan pendaftaran caleg lebih awal merupakan bukti keseriusan DPC PKB Majalengka dalam memperiapkan calon-calon wakil rakyat yang aspiratif, kapabel, santun dan amanah. Masyarakat diberikan waktu lebih luas untuk mengenal dan menilai caleg PKB apakah mereka layak dijadikan wakil rakyat atau tidak. Masyarakat juga nantinya diberikan hak politiknya untuk memberikan saran dan pendapat kepada DPC PKB Majalengka agar caleg A misalnya didiskualifikasi dari pencalegan karena melakukan tindakan-tindakan yang merugikan mayarakat. 
“Ini merupakan bagian dari pendidikan politik kepada mayarakat. Saat pemilu nanti masyarakat memilih calon  wakilnya yang sudah mereka kenal kapabelitas, kredibiltas dan akhlaknya. Sehingga asfek pragmatisme masyarakat bisa diminimalisir”, kata politisi asal desa Heuluet Leuwimunding ini didampingi sekretarisnya Ahmad Cece Ashfiyadi, S.HI. 
Sementara Ahmad Cece menambahkan, pendaftaran caleg PKB direncanakan dibuka selama 4 bulan mulai Desember 2011 hingga Maret 2012. Kemudian dilakukan verifikasi administrasi dan faktual selama 1 bulan. Setelah dinyatakan lolos, caleg akan dilakukan uji publik selama 1 tahun. Selama masa uji publik tersebut pihaknya berharap ada masukan dari masyarakat. Menurut Cece, pihaknya tidak akan segan-segan mencoret caleg yang dinyatakan bermasalah oleh masyarakat. Selama masa uji publik hingga menjelang pendaftaran resmi ke KPU, semua caleg akan dididik dan dilatih melalui program Akademi Politik Kebangsaan (Akpolbang). 
“Direncanakan bulan Juli 2013 calon jadi dari PKB akan dilaunching bersamaan dengan peringatan Harlah PKB ke-15″, terang alumnus ponpes Salafiyah Asembagus Situbondo ini sambil buru-buru menambahkan, tahapan-tahapan tersebut masih bersifat rancangan DPC PKB Majalengka. “Lebih tepatnya nanti akan disesuaikan dengan Juklak dan juknis dari DPP PKB”, pungkasnya. (aan) -majalengka-online/kabar cirebon/radar cirebon
About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: