Fraksi PKB Canangkan Program Rihlah Siyasah

Lemahsugih Majalengka–Jenuh dengan aktifitas politik di gedung dewan, Fraksi PKB DPRD Majalengka membuat terobosan baru. Dengan label ‘Rihlah Siyasah‘ anggota Fraksi dapat bekerja sambil refreshing. Program ini mulai dicanangkan pada bulan Pebruari 2010.
Hari Sabtu (6/2) bertempat di rumah Ketua Fraksi PKB, Ade Ganda Sasmita, A.Ma, Desa Kalapa Dua Kecamatan Lemahsugih Majalengka, program ini mulai dilaksanakan. Semua anggota fraksi tampak hadir mengikuti kegiatan ini, Nasir, S.Ag dan Aan Subarnas, SE dari Dapil 5, Drs. Moh. Jubaidi dari Dapil 4, Ali Muhasin dari dapil 3, Liling Ali Mukti, S.Sos dari dapil 2 dan tuan rumah Ade Ganda Sasmita, A.Ma. dari Dapil 1. Kehadiran mereka juga disertai dengan istri dan anak, sehingga menambah suasana semarak penuh rasa kekeluargaan. Hadir pula dalam acara ini, sekretaris DPC PKB Majalengka Drs Abdul Muin beserta anak dan istri, para ketua DPAC PKB se-dapil 1 dan beberapa tokoh masyarakat kecamatan Lemahsugih.
Acara dimulai pukul 09.30 dengan mengunjungi SMPN 3 Lemahsugih untuk melihat proses KBM dan kondisi gedung sarana prasarana sekolah. Kepala SMPN 3, Drs. Humaidi, sempat kaget menerima kunjungan mendadak ini, namun dia mengaku senang dapat berdialog langsung dengan para wakil rakyat ini. Tidak ada acara seremonial yang digelar dalam kunjungan ini, anggota fraksi dan rombongan hanya mengamati kondisi sekolah dan proses KBM yang sedang berlangsung sambil mendengar paparan kepala sekolah. “Sengaja tidak ada acara formal dalam kunjungan ini, karena kami tidak ingin mengganggu aktifitas sekolah, dan tentunya tidak ingin merepotkan pihak sekolah”, tegas Ketua Fraksi, Ade Ganda Sasmita.
Dari kunjungan ini, anggota fraksi mendapatkan masukan tentang kurangnya ruang belajar murid, belum maksimalnya sarana perpustakaan dan laboratorium komputer dan kondisi lingkungan sekolah yang belum tertata.
Setelah sekitar 40 menit di SMPN 3, rombongan kemudian mengunjungi balai desa Kalapa Dua. Sama halnya dengan di SMPN 3, kepala desa Kalapa Dua Ahmad Sopandi dan perangkatnya terlihat kaget dan bingung menerima rombongan. Namun setelah dijelaskan mereka mengerti dan berterimakasih dengan kegiatan ini. Pada kesempatan itu, Ahmad Sopandi mengeluhkan kondisi balai desa yang kurang memadai. Selain itu, ahmad mempertanyakan komitmen pemerintah daerah dalam pelaksanaan Perda tentang desa menyangkut kesejahteraan Kuwu dan perangkatnya dan kesejahteraan BPD.
Pukul 11.00 rombongan kembali lagi ke rumah Ade Ganda Sasmita. Suasana santai dan kekeluargaan dimamfaatkan oleh beberapa anggota fraksi dan rombongan untuk bercengkrama sambil memancing di kolam milik tuan rumah. Suasana semakin meriah, saat beberapa kepala desa satu demi satu berdatangan ke lokasi untuk ikut mancing bersama.
Setelah makan siang dan shalat berjamaah dluhur, Fraksi mengadakan dialog dengan para ketua DPAC PKB se-dapil 1 dan tokoh masyarakat yang hadir. Kemudian dilanjutkan dengan rapat Fraksi internal sampai pukul 16.00 WIB.
Sehabis shalat Ashar, anggota fraksi berangkat mengunjungi Desa Wado Wetan Kecamatan Bantarujeg. Kunjungan ke desa ini untuk melihat hasil pembangunan jembatan Wado yang dibiayai APBN tahun 2009 senilai Rp. 400 juta. Anggaran ini merupakan hasil pengajuan Anggota DPR RI dari PKB, Bapak Helmy Faishal Zaini (sekarang menteri PPDT) setelah beliau berkunjung ke desa ini pada bulan Maret 2009 lalu saat melakukan kampanye Pemilu Legislatif. Rombongan diterima langsung oleh kepala Desa Wado Wetan beserta beberapa orang perangkat desa dan anggota BPD.
Kunjungan kemudian dilanjutkan ke pabrik krupuk milik Momon di desa yang sama. Menurut momon, perusahaan krupuknya sudah berjalan hampir 10 tahun dan sudah dipasarkan ke berbagai daerah di Jawa Barat. pihaknya mengharapkan ada perhatian pemerintah daerah untuk menambah modal usahanya. “pegawai yang bekerja di sini ada 24 orang, saat ini kami sedang kekurangan modal, mudah-mudahan bapak-bapak dapat memfasilitasinya”, ungkap momon penuh harap.
Adzan maghrib yang berkumandang di masjid desa Wado Wetan akhirnya menutup kunjungan kerja dan Rihlah siyasah ini. Setelah sholat berjamaah anggota fraksi dan rombongan kemudian berpamitan untuk pulang ke tempatnya masing-masing. “Alhamdulillah kegiatan ini dapat berjalan dengan baik. Insya Allah akan kita laksanakan secara istiqamah minimal setiap bulan sekali dengan mengunjungi setiap dapil. Kebetulan anggota Fraksi kita ada di semua dapil. Untuk bulan depan kita akan laksanakan di Dapil 4, Pak Jubaidi sebagai tuan rumahnya”, ungkap Ketua DPC PKB Majalengka, Nasir, S.Ag. kepada media ini.
Menurut Wakil Ketua DPRD Majalengka ini, program ‘Rihlah Siyasah‘ merupakan bagian dari kerja partai untuk mendekatkan anggota Fraksi kepada konstituennya. Dengan sistem suara terbanyak pada Pemilu kemarin anggota dewan dituntut untuk dekat dengan pemilihnya, membuktikan diri atas hasil kerjanya selama menjadi anggota dewan. Di samping itu, anggota Fraksi dituntut untuk mengetahui hasil pembangunan yang telah dilaksanakan dan kebutuhan riil masyarakat yang dibelum dilaksanakan oleh pemerintah. “dengan cara kunjungan mendadak dan dialog yang tidak formal ini terasa nuansa lain dan sangat alami ketika kita mendengar harapan dan keluhan mereka”, ungkap Nasir. “selain itu, kumpulnya keluarga dan para aktifis PKB dalam suasana santai tentunya akan lebih mempererat kekeluargaan dan konsolidasi partai ke depan, yah..itung-itung refreshing sambil bekerja gitu..!”, tambahnya sambil tersenyum.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: