PCNU Perlu Segera Inventarisir Pengusaha NU

SUKAHAJI MAJALENGKA–Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Majalengka perlu segera mengiventarisir para pengusaha Majalengka yang berlatar belakang NU. Demikian salah satu kesimpulan dari dialog antara PCNU Majalengka bersama DPC PKB Majalengka, sabtu malam (7/2)di sekretariat PCNU Majalengka jalan raya Sukahaji Majalengka.

Dialog yang dilangsungkan sehabis acara istghotsah rutin PCNU ini diikuti oleh para pengurus PCNU, DPC PKB, dan beberapa pengurus MWCNU se-kabupaten Majalengka.
Tampak hadir Rois Syuriyah PCNU Majalengka KH. Aban Banani, Katib K.M. Yusuf Karim, wakil Katib KH. Hasan Azhuri, sekretaris tanfidziyah Drs. Dedi Mulyadi, MM, Bendahara Drs. Anwaruddin, Wakil Ketua Drs. Ade Junaedi, S.Pd., Wakil Ketua Drs. Iwan Bulyawan, Ketua LDNU K. Umar Shabur, M.Ag,dan beberapa pengurus lainnya. Dari jajaran DPC PKB, hadir Ketua Dewan syura KH. Moh. Endin Sholehuddin, Sekretris Syura K. Qosim Mubarok, Ketua Tanfidz Nasir, S.Ag., sekretaris Drs Abdul Muin,dan beberapa anggota Fraksi PKB DPRD Majalengka. Sementara ketua PCNU Majalengka, Drs. Saefullah, Ph.B, tidak hadir dalam acara tersebut. Pak Aef, demikian beliau biasa disapa, masih berbaring sakit terkena stroke.

Mengawali dialog, Sekretaris PCNU Drs. Dedi Mulyadi, MM., menyampaikan paparan tetang program kegiatan PCNU periode 2008-2013. Dijelaskannya, PCNU telah membentuk berbagai lembaga dan lajnah yang diharapkan akan menjadi ujung tombak kegiatan NU Majalengka. Program pemberdayaan ekonomi warga Nahdhiyyin, pembentukan pendidikan NU, peningkatan dakwah Aswaja , kegiatan kajian sosial keagamaan adalah program prioritas yang sedang dan akan digarap oleh PCNU. Namun Dedi mengakui, lancar tidaknya program tersebut sangat tergantung kepada dukungan biaya yang harus disediakan oleh PCNU.
“Sementara ini sumber keuangan tetap PCNU hanya berasal dari dua pos, yaitu dari Pemda sebesar Rp. 60 juta pertahun dan dari teman-teman PKB Majalengka sebesar Rp. 3 juta perbulan. Selebihnya jika ada kegiatan kita harus ‘papatungan‘ diantara pengurus dan mencari dana kesana kemari”, terangnya.

Sementara itu, Ketua DPC PKB Majalengka Nasir, S.Ag., saat diberikan kesempatan berbicara mengakui pihaknya belum dapat memberikan jumlah maksimal dalam membantu kebutuhan PCNU Majalengka. Menurutnya, jumlah Rp. 3 juta perbulan yang diberikan kepada PCNU memang tergolong kecil, namun jika melihat kebutuhan partai yang sangat besar konstribusi tersebut dianggapnya cukup ideal.”Yang 3 juta itu kan yang rutin, sedangkan yang insidentil terkadang lebih besar dari itu, semisal ketika PCNU akan menyelenggarakan suatu kegiatan tentu selalu kami suport dananya”, ungkapnya.

Ditambahkan Wakil Ketua DPRD Majalengka ini, sudah saatnya PCNU mencari sumber keuangan lain untuk mendukung program kegiatannya. Salah satunya adalah dari para pengusaha NU yang ada di Majalengka. Untuk itu Nasir mengharapkan PCNU dapat menginventarisir mereka untuk diajak bicara. Jika mereka sudah bersedia membantu NU, pihaknya berjanji akan membantu para pengusaha NU itu untuk mendapatkan pekerjaan dari kegiatan yang dibiayai APBD. “Asal mereka jelas komitmennya dengan PCNU, insya Allah akan kami bantu mendapatkan pekerjaan dari APBD Majalengka”, tandas mantan Ketua PC PMII Sidoarjo ini.

Istighotsah Untuk Kesembuhan Pak Aef

Sementara itu kegiatan Istghotsah rutin sendiri dihadiri oleh para warga nahdhiyyin. Sekitar lebih dari 100 orang memenuhi sekretariat pemberian bapak Helmy Faishal Zaini ini. Istghotsah dipimpin langsung oleh Rois Syuriyah PCNU Majalengka, KH. Aban Banani. Dalam sambutan sebelum istighotsah dimulai, Kyai Aban meminta hadirin untuk mengikutinya secara khusyu dan sungguh-sungguh. “Istighostah kali ini selain untuk kita bersama, kita khususkan untuk kesembuhan Pak Aef, beliau sekarang masih berbaring sakit, kita do’akan bersama agar Allah segera memberikan kesembuhan kepadanya seperti sediakala. Saya merasakan sekali PCNU tanpa beliau terasa pincang,”ungkapnya lirih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: