Pemerintah Resmi Hentikan Program BLT

Jakarta–Di awal pekan ini, pemerintah akhirnya memutuskan sebuah kebijakan krusial terkait masa depan program pengentasan kemiskinan. Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang selama ini menjadi program andalan resmi akan dihentikan. Pengehentian ini dimaksudkan untuk mengarahkan alokasi anggaran BLT ke program lain yang lebih produtif.

“Setelah kami kaji, BLT dinilai tidak tepat sasaran karena itu anggaran dialihkan kepada program lain dengan mamfaat lebih bisa dirasakan langsung oleh masyarakat”, terang menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono ketika ditemui di Jakarta minggu (14/3).

BLT untuk masyarakat miskin memang akan dihentikan. Namun, kata Agung, bantuan sosial lain seperti jaminan kesehatan masyarakat, bea siswa miskin, dan beras untuk rakyat miskin akan terus berlanjut. BLT yang dirancang sebagai program bagi-bagi uang cash untuk membantu beban langsung masyaakat akan dilakukan dalam kondisi darurat atau situasi ekonomi kritis.

“BLT hanya akan diberikan jika harga bahan konsumsi masyarakat melonjak tinggi seperti bahan bakar minyak”, ujar Agung.

Mantan wakil ketua DPR RI itu mengatakan, saat ini harga minyak dunia masih dalam tahap wajar. Pemerintah, kata dia, masih bisa mengimbanginya sehingga tidak memberatkan masyarakat. “Namun apabila keadaannya berubah sewaktu-waktu, BLT bisa diberikan”, katanya.

Pertimbangan pemerintah menghentikan BLT adalah analisa kondisi ekonomi nasional yang semakin membaik. Agung menjelaskan, bantuan Rp. 300 ribu perbulan tidak lagi dianggarkan dalam APBN.

Keputusan pemerintah menghentikan BLT dinilai sebagai kebijakan kontraproduktif dalam perekonomian. Karena penghentian ini terjadi bersamaan dengan rencana menaikkan tarif dasar listrik (TDL). Dua kebijakan pemerintah tersebut diprediksi akan berdampak sistemik pada anjloknya demand (permintaan) masyarakat. (zul) Sumber : Radar Cirebon (15/4)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: