Rihlah Siyasah Fraksi PKB Temukan Kerusakan Jalan Di Mana-Mana

Talaga Majalengka–Untuk ketiga kalinya, Sabtu (10/4) Fraksi PKB DPRD Majalengka menggelar Rihlah Siyasah (wisata politik). Setelah pada bulan yang lalu dipusatkan di Dapil 5, kali ini kegiatan yang melibatkan seluruh anggota FPKB ini dilaksanakan di Dapil 2, tepatnya di desa Gunung Manik Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka. 
Hadir pada kesempatan itu seluruh anggota FPKB beserta keluarga. Tak ketinggalan para pengurus DPAC PKB se-daerah Pemilihan 2 meliputi Kecamatan Talaga, Argapura, Banjaran, Maja, Sukahaji dan Sindang serta tokoh masyarakat dan kader PKB setempat.
Acara dimulai pukul 08.30 WIB dengan lomba mancing. Kemudian dilanjutkan dengan dialog bersama para pengurus dan kader PKB hingga pukul 12.00 WIB. Pada sesion dialog ini ketua DPC PKB Majalengka Nasir, S.Ag. dan ketua Fraksi PKB Ade Ganda Sasmita, A.Ma secara bergantian menyampaikan informasi terkini terkait situasi politik dan program-program pembangunan di Kabupaten Majalengka.
Dari isi dialog yang berkembang setidaknya ada 5 (lima) hal yang dikeluhkan masyarakat. Pertama, bantuan sarana keagamaan untuk pondok pesantren dan sejenisnya sangat kecil dan tidak merata. Kedua, kondisi jalan kecamatan dan poros desa yang banyak mengalami rusak berat dibiarkan oleh pihak pemerintah. Ketiga, terbatasnya program Jamkesmas sehingga masih banyak keluarga miskin yang tidak kebagian. Keempat, semaraknya ‘merahisasi’ yang terjadi pada setiap gedung instansi pemerintah dan sekolah. dan Kelima konflik PKB di pusat yang belum juga berakhir. 
Selepas sholat dhuhur dan makan siang, anggota fraksi kemudian melanjutkan rihlahnya meninjau jalan Talaga-Gunung Manik sepanjang 4 km yang mengalami rusak berat. Bahkan di beberapa bagian terdapat longsor yang menyebabkan badan jalan semakin sempit.
Kemudian dilanjutkan menuju Puskesmas Talaga. Puskesmas yang menyediakan tempat rawat inap ini merupakan rujukan bagi pasien yang berada di daerah Majalengka Selatan. Menurut salah seorang perawat yang sempat mendampingi rombongan, Puskesmas ini memiliki ruang inap yang kurang memadai. Selain fasilitas kamar yang sudah tua juga masih tidak seimbang dengan kunjungan fasien yang berobat.
“melihat fasilitas ruangan yang seperti ini, pasien dari daerah-daerah sekitar Talaga akhirnya banyak yang memilih berobat ke RS. Kuningan atau Sumedang,” ungkap perawat yang tidak mau disebutkan namanya itu kepada media ini.
Perjalanan dilanjutkan menuju Desa Genteng Kecamatan Banjaran. Di sini rombongan bershilaturrahmi dengan K. udin Sanhuddin Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Falah. Beliau adalah ketua Dewan Syura DPAC PKB Kecamatan Banjaran. Kemudian bershilaturrahmi dengan KH. M. Thoha di desa Cimeong Kec. Banjaran.
Kegiatan Rihlah diakhiri dengan berziyarah ke maqam Syekh Ibrahim Faqih di Wanaperih desa Kagok Kecamatan Banjaran. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: