Dewan Ajak Masyarakat Ikut Kritisi LKPJ Bupati

Yudha Sawala Majalengka–Guna mengoptimalkan fungsi kontroling (pengawasan)nya, DPRD Kabupaten Majalengka mengajak partisipasi masyarakat untuk ikut mengkritisi Laporan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Tahun Anggaran 2009. Demikian disampaikan Wakil Ketua DPRD Majalengka, Nasir, S.Ag, kepada media ini di ruang kerjanya, Jum’at (16/4).

“LKPJ merupakan laporan kinerja Bupati selama tahun 2009, tentunya ada kelebihan dan banyak kekurangannya, kami mengajak partisipasi masyarakat luas untuk ikut mengkritisinya demi perbaikan pemerintahan ke depan,” kata Nasir.

Menurut Nasir yang juga Ketua DPC PKB Majalengka ini, masukan dari masyarakat terhadap hasil kinerja bupati selama tahun 2009 sangat membantu kerja dewan dalam melaksanakan fungsi pengawasannya. Masukan tersebut akan dipelajari dan ditindaklanjuti oleh dewan dengan menggelar rapat kerja dengan instansi terkait. Jika nantinya instansi tidak dapat menjelaskannya maka pihaknya akan menjadikan hal itu bagian dari Rekomendasi DPRD kepada Bupati.

“intinya kita ingin jika terdapat kesalahan dan atau penyimpangan yang terjadi pada tahun 2009 tidak terulang lagi di masa mendatang. Kita ingin pemerintahan ini lebih baik dari kemarin. Rekomendasi yang kita sampaikan kepada Bupati nantinya bukan dimaksudkan untuk menjatuhkan Bupati, melainkan untuk diperbaiki,” jelas politisi asal Kecamatan Leuwimunding ini.

Pihak dewan sendiri, lanjutnya, sudah membentuk Panitia Khusus (Pansus) yang bertugas mempelajari, mengkaji dan menginvestigasi LKPJ Bupati. Pansus akan bekerja dengan sungguh-sungguh selama 14 hari. Hasil kajian Pansus selanjutnya disimpulkan menjadi Rekomendasi Dewan yang akan disampaikan kepada Bupati melalui Rapat Paripurna Istimewa DPRD. Rekomenndasi tersebut selanjutnya secara mutlak harus dilaksanakan oleh Bupati. Untuk mengawasi pelaksanaan rekomendasi itu, pihaknya akan mendorong DPRD membentuk Pansus Pengawasan Tindak Lanjut Rekomendasi LKPJ.
“Jika Bupati tidak mengindahkan rekomendasi Pansus, kemungkinan besar dewan akan menggunakan Hak Interpelasi (hak Bertanya),” beber Nasir.

Berkaitan dengan masukan dari masyarakat, Nasir mempersilahkan mengajukannya kepada dewan melalui Ketua DPRD atau langsung kepada Pansus LKPJ. Akan lebih baik jika masukan tersebut disampaikan secara tertulis. Nasir juga mempersilahkan jika ada komponen masyarakat yang ingin berdialog dengan Pansus LKPJ.

“Silahkan, kami terbuka jika ada komponen masyarakat yang ingin menyampaikan masukan kepada dewan dengan cara berdialog langsung, kita akan jadwalkan”, ungkap mantan ketua PMII Kabupaten Sidoarjo ini.

Pimpinan Pansus LKPJ

Berikut pimpinan Pansus LKPJ Bupati Majalengka Tahun 2009.
Pansus LKPJ Bidang Pemerintahan :
Ketua Drs H. Toto sedianan MM. (F-Partai Golkar), Wakil Ketua Didi Supriyadi, SH. (F-PDIP), Sekretaris Asep Saefuddin, ST (F-PKS)
Pansus LKPJ Bidang Perekonomian dan Keuangan :
Ketua H. Pepep Saeful Hidayat, S.I.Kom (F-PPP) Wakil ir. Sumpena (F-Patriot Bangsa), Sekretaris Euis Ratna Widiastuti, S.Ag. (F-PKS)
Pansus LKPJ Bidang Pembangunan :
Ketua Aef Syarifuddin, S.Si. (F-PKS), Wakil Ketua Aminta (F-Partai Demokrat), Sekretaris Dadan Daniswan, SE., M.Si. (F-Partai Golkar)
Pansus LKPJ Bidang Kesejahteraan Rakyat :
Ketua Drs Muhammad Jubaedi (F-PKB), Wakil Ketua Drs. Iyan Sofyan, M.Si. (F-Partai Demokrat), Sekretaris Ali Imron, A.Md. (F-PPP) (AS).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: