Dewan ‘Blejeti’ Ketidakberhasilan Bupati Tahun 2009

Yudha Sawala Majalengka–Setelah selama 3 (tiga) minggu Pansus LKPJ DPRD Majalengka bekerja secara maraton menelaah dan mengkaji LKPJ Bupati Tahun 2009, akhirnya Jum’at (7/5) memasuki babak final. Bertempat di gedung Yudha Sawala DPRD menggelar Rapat Paripurna Internal guna menetapkan Catatan dan Rekomendasi Dewan terhadap LKPJ Bupati.

Dalam laporan Pansus LKPJ yang dibacakan oleh Anggota Fraksi PKB Drs.Muhammad Jubaidi, DPRD menilai kinerja Bupati selama kurun tahun 2009 tidak berhasil mencapai seluruh proyeksi indikator makro sebagaimana tercantum dalam Rencana Pembangunan jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Majalengka Tahun 2009-2013. Ada 3 (tiga) indikator makro yang gagal dicapai Bupati, yaitu pencapaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang hanya 69,83 dari target 70,85, Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) yang hanya 5,1 dari target 5,4, dan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB).

Dalam pengelolaan keuangan daerah, DPRD juga menilai masih lemahnya konsistensi Bupati dalam melaksanakan Perda APBD 2009. Hal ini antara lain ditandai dengan adanya penumpukan pelaksanaan kegiatan APBD di akhir tahun anggaran sehingga berakibat pelaksanaan progran kegiatan tidak maksimal atau melebihi batas waktu yang telah ditentukan, adanya adendum biaya pada beberapa kegiatan rehabilitasi dan peningkatan infrastruktur, dan masih besarnya Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (Silpa) tahun 2009 yang mencapai 64,3 miliar.

Di Bidang Pemerintahan umum, DPRD menilai adanya ketidakjelasan kebijakan bupati dalam pengelolaan perijinan dan pengangkatan pegawai honorer. Terkait dengan masalah perijinan DPRD merasa prihatin atas teratung-katungnya nasib puluhan pengusaha Galian C yang sudah menyampaikan permohonan perijinan namun sampai saat ini tidak jelas jawabannya. Dari 46 pemohon ijin Galian C selama tahun 2009, hanya 7 yang dikeluarkan ijinnya. Selebihnya tidak ada jawaban tegas dari pemerintah daerah dikabulkan atau ditolak.
Terkait dengan pengangkatan pegawai honorer khususnya Kamdal di Setda sejumlah 25 orang, Dewan menilai Bupati tidak konsisten dengan surat edarannya yang melarang kepada seluruh SKPD untuk mengangkat tenaga honorer.
Selain itu, Dewan juga menyoroti ketidakakuratan data aset daerah khususnya di Dinas Bina Marga dan Cipta Karya (BMCK) dan Dinas Pengelolaan Keuangan dan aset Daerah (DPKAD). Bahkan DPRD menemukan beberapa perbedaan antara data yang tercantum dalam dokumen LKPJ dengan realita di lapangan.

Di Bidang Pendidikan, Dewan masih menganggap belum maksimalnya pemerintah daerah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Padahal anggaran yang dikeluarkan oleh APBN,APBD Propinsi dan APBD Kabupaten Majalengka untuk membiayai penyelenggaraan pendidikan sangat besar. Hal ini ditandai masih belum tuntasnya program Wajar Dikdas 9 tahun, belum diimplementasikannya periodisasi kepala sekolah, adanya pungutan kepada murid, masih semrawutnya data guru sukwan, dan lain-lain.

Di Bidang Kesehatan, Dewan menilai pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat masih belum optimal. Hal ini ditunjukkan dengan masih rendahnya Angka Harapan Hidup (AHH) yang pada tahun 2009 tidak berhasil mencapai proyeksi RPJMD.
Pelayanan kesehatan di puskesmas dan dua rumah sakit milik Pemerintah daerah (RSU.Majalengka dan Cideres) juga menjadi sorotan pihak dewan. Dalam penilaian dewan, jeleknya pelayanan di sana masih sering menjadi buah bibir masyarakat, baik dari sisi kecepatan dan ketepatan pelayanan terhadap fasien, ketersediaan obat-obatan, maupun fasilitas yang ada.

Di Bidang Pekerjaan Umum, Dewan menilai kualitas pekerjaan proyek masih rendah. Hal ini ditandai dengan adanya beberapa ruas jalan yang baru selesai dikerjalan ternyata sudah rusak. Di samping itu, Dewan menemukan adanya pengerjaan kegiatan sebelum tender dilakukan, yakni pada pekerjaan pembangunan jembatan cikuya dan cisuluhan.

“selengkapnya berkaitan dengan catatan dan rekomendasi dewan terhadap LKPJ Bupati tahun 2009 ini dapat dilihat dalam lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari dokumen ini”, pungkas Jubaidi setelah hampir 2 jam membacakan hasil kerja Pansus. (MN)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: