Tim Interpelasi Dewan Mulai Kumpulkan Data dan Fakta

Yudha Sawala Majalengka-Tim Pencari Fakta (TPF) bentukan tim inisiator hak interpelasi dewan mulai bergerak untuk mengumpulkan data mengenai ijin galian C. Penelusuran TPF dibagi menjadi dua tim, yakni tim yang bergerak ke lapangan untuk mengumpulkan data dari pengusaha maupun pekerja galian C dan tim kedua bergerak ke Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BPPT) untuk mengetahui sejauhmana mekanisme dan proses perijinan.
Salah seorang anggota tim yang juga Ketua Fraksi PKB, Ade Ganda Sasmita, A.Ma. mengungkapkan, pihaknya akan mempelajari secara serius persoalan lambannya Pemerintah Daerah Kabupaten Majalengka dalam melayani masyarakat terkait perijinan galian golongan C, baik dari sisi yuridis formalnya maupun fakta yang terjadi di lapangan. 
“secara umum, ada pertanyaan besar terkait perijinan Galian C, karena dari 47 pemohon selama tahun 2009, yang baru dikeluarkan ijinnya hanya 6 pemohon, selebihnya 41 pemohon masih belum ada kepastian diterima atau ditolak. Untuk itu kami memandang perlu terjun langsung ke lapangan untuk menelusuri hal apa yang sebenarnya terjadi,” kata Politisi asal Desa Kalapa Dua Kecamatan Lemahsugih.
Ade menambahkan,  penelusuran dan penggalian data ini perlu dilakukan sebagai bahan pembuatan naskah interpelasi yang akan diajukan dewan kepada Bupati Majalengka. Naskah ini nantinya akan  berisi pertanyaan dewan terkait data dan fakta Perijinan Galian Golongan C, baik dari sisi yuridis formalnya maupun fakta yang terjadi di lapangan. 
“Menurut agenda, insya Allah tanggal 29 Juni nanti naskah interpelasi ini akan diajukan ke sidang paripurna internal dewan untuk diputuskan menjadi naskah interpelasi dewan kepada Bupati. Selanjutnya pada bulan depan akan diagendakan Rapat Paripurna Istimewa untuk menyampaikan naskah interpelasi tersebut kepada Bupati. Kemudian Bupati akan menyampaikan jawaban dan tanggapannya terhadap interpelasi itu”, ungkapnya. 
Lantas apa yang akan dilakukan dewan jika jawaban Bupati tidak memuaskan? “ya jangan berpikir ke sana dulu ah, perjalanan kan masih panjang”, jawab Ade diplomatis sambil tersenyum penuh makna. (MN) 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: