Nasir : Tertibkan Pedagang Makanan Pada Bulan Ramadlan

Majalengka–Menyongsong datangnya bulan suci Ramadlan 1431 H Pemkab Kabupaten Majalengka diminta untuk menertibkan para pedagang makanan yang berjualan di siang hari, terutama di tempat-tempat umum seperti pasar dan terminal. Demikian disampaikan Wakil Ketua DPRD Majalengka Nasir, S.Ag, kepada media ini di ruang kerjanya.

Menurut politisi yang juga Ketua DPC PKB Kabupaten Majalengka ini, bulan Ramadlan merupakan media bagi umat Islam untuk kembali menjadi fithri. Dengan berpuasa dan melaksanakan ibadah lainnya umat Islam dibersihkan dari hawa nafsu duniawi yang selama 11 bulan menguasai dirinya. Untuk itu, Lanjut Nasir, Pemkab Majalengka harus mengupayakan umat Islam dapat menjalankan ritual keagamaan ini dengan nyaman dan aman. Salah satunya dengan menertibkan para pedagang makanan di siang hari Ramadlan di tempat-tempat umum seperti pasar dan terminal.

“Saya sangat prihatin sekaligus geregeten saat melihat orang yang makan dan minum seenaknya di depan orang yang berpuasa. Lihat saja contohnya di pasar Prapatan Sumberjaya, para pedagang kaki lima seenaknya menjajakan makanan dan minuman di tempat-tempat terbuka. Tolong Pemkab harus menata hal ini agar visi Kabupaten Majalengka sebagai kabupaten relegius ada buktinya”, katanya.

Langkah yang perlu diambil oleh Pemkab, lanjut mantan Ketua PMII Kabupaten Sidoarjo ini, misalnya dengan melakukan koordinasi bersama pemerintah desa setempat untuk menyediakan lahan khusus bagi para pedagang kaki lima makanan dan minuman. Tempat khusus ini kemudian dibuat sedemikian rupa agar tertutup sehingga orang yang makan dan minum tidak nampak terlihat dari luar.

“Di Kota Cirebon bisa seperti itu, masa di kita ngga? dan perlu dicatat untuk menciptakan kondisi seperti ini tidak cukup dengan himbauan tetapi harus berupa kewajiban yang apabila dilanggar bisa diberikan sanksi kepada para pedagangnya”, pungkasnya. (AS)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: