Rapat Bamusy Batal Karena Tidak Qourum

Yudha Sawala Majalengka–Rapat Badan Musyawarah (Bamusy) DPRD Majalengka yang sejatinya digelar tadi pagi, Jum’at (30/7) batal dilaksanakan. Batalnya kegiatan rapat rutin internal dewan yang digelar setiap akhir bulan ini disebabkan qourum rapat tidak terpenuhi. Dari sejumlah 25 anggota Bamusy tercatat hanya 12 orang yang menghadirinya.

Ketua DPRD Majalengka H. Surahman saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Surahman mengaku sangat menyayangkan ketidakhadiran sebagian besar anggota Bamusy ini. Padahal, lanjutnya, Bamusy merupakan miniatur dewan dalam menentukan langkah-langkah strategis dan politis dewan terutama berkenaan dengan agenda kegiatan dewan bulan depan.

Senada dengan Surahman, Wakil Ketua DPRD Majalengka Nasir, S.Ag., juga mengaku prihatin dengan volume kehadiran anggota dewan yang kian menurun. Sebagai salah satu pimpinan di lembaga ini, dirinya berjanji akan mencari solusi agar tingkat kehadiran anggota dalam mengikuti kegiatan-kegiatan di lembaga perwakilan ini tetap terjaga.

“Salah satunya adalah dengan cara mengefektifkan peran Badan Kehormatan (BK). BK nantinya bisa saja memberikan sanksi kepada anggota yang sering bolos, dari mulai teguran, mengumumkannya kepada publik sampai pada usulan recalling”, ungkap Ketua DPC PKB Majalengka ini.

Berdasarkan catatan media ini, rapat Bamusy tadi pagi yang tidak hadir adalah Fraksi PDIP 2 orang dari 4 anggota, Fraksi Golkar 2 orang dari 3 anggota, Fraksi PAN 1 orang dari 3 anggota, Fraksi PKS 1 orang dari 2 anggota, Fraksi Demokrat 1 orang dari 2 anggota, Fraksi Patriot Bangsa 1 orang dari 2 anggota, Fraksi GNBUK 2 orang dari 2 anggota. Sedangkan anggota Bamusy dari fraksi PKB dan PPP semuanya hadir.

Menurut keterangan dari sebuah sumber, ketidakhadiran sebagian besar anggota Bamusy tersebut disebabkan karena mengalami kelelahan, pada Kamis malam (29/7) mereka baru pulang dari kegiatan kunjungan kerja ke luar daerah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: