Jelang Verifikasi Parpol, PKB Majalengka Lakukan Konsolidasi Internal

Majalengka–Berlakunya hasil revisi Undang-Undang No 2 Tahun 2008 tentang Partai Politik sejak tanggal 17 Januari 2011 yang lalu disikapi serius oleh jajaran DPC PKB Majalengka. Bertempat di sekretariat, Kamis (20/01) DPC PKB Majalengka menggelar pertemuan dengan seluruh Ketua Dewan Syura dan Ketua Dewan Tanfidz beserta sekretaris DPAC PKB se-Kabupaten Majalengka.  
Pada kesempatan itu, Sekretaris DPC PKB Majalengka, Drs. Abdul Muin. menjelaskan pokok-pokok materi undang-undang parpol yang revisinya baru disahkan DPR. Antara lain, untuk menjadi peserta Pemilu 2014 seluruh parpol harus lolos verifikasi yang dilakukan kementerian Hukum dan HAM. Undang-undang yang baru ini juga menyebutkan, tidak ada perbedaaan antara parpol besar maupun kecil, parpol baru ataupun yang lama. Untuk lolos verifikasi, lanjut Muin, parpol harus memiliki kepengurusan di setiap propinsi, mempunyai sekurang-kurang 75 persen di tingkat kabupaten/kota pada propinsi bersangkutan dan memiliki sekurang-kurangnya 50 persen kepengurusan di tingkat kecamatan pada kabupaten/kota bersangkutan. Selain itu, harus ada keterwakilan minimal 30 persen perempuan pada semua tingkat kepengurusan.
“Prinsipnya, untuk PKB sesuai dengan instruksi DPP tidak boleh ada istilah sekurang-kurangnya. Kita akan berusaha maksimal agar kepengurusan di semua tingkatan mencapai 100 persen”, tegas Muin.
Sementara itu Ketua DPC PKB Majalengka, Nasir, S.Ag., saat memberikan sambutan mengatakan, pertemuan ini merupakan tindaklanjut dari instruksi DPP PKB melalui surat edarannya dan hasil rakor DPC dan DPW PKB Jabar. Nasir juga menegaskan, pada prinsipnya jajaran DPC PKB Majalengka akan selalu siap untuk dilakukan verifikasi.
“Pertemuan ini untuk memastikan semuanya sudah siap. Hanya beberapa hal yang perlu diperbaiki, antara lain keterwakilan 30 persen unsur perempuan dalam kepengurusan DPAC yang masih perlu di revisi dan surat keterangan domisili sekretariat DPAC yang akan segera diajukan kepada pihak kecamatan masing-masing”, ungkap Wakil Ketua DPRD Majalengka ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: