PKB Komitmen Perjuangkan Desa

JAKARTA (SINDO) – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berkomitmen memperjuangkan pemberdayaan desa dan lingkungan hidup di DPR. Komitmen ini merupakan hasil rekomendasi rapat kerja Fraksi PKB yang digelar di Jakarta kemarin.
Ketua Fraksi PKB Marwan Ja’far mengatakan,partainya akan mengawal 22 rancangan undangundang (RUU) yang berhubungan dengan pemberdayaan institusi dan masyarakat di pedesaan. “Dari 92 RUU Prolegnas DPR tahun 2011, Fraksi PKB akan memberikan perhatian khusus terhadap 20 RUU yang berkaitan erat dengan pembangunan desa dan lingkungan,” tegas Marwan di Gedung DPR, Jakarta,kemarin.
Menurut dia,perhatian PKB tertuju pada masyarakat desa mengingat jumlah penduduk Indonesia mayoritas tinggal di desa sehingga sudahseharusnya pemerintahmemberikan perhatian yang cukup besar terhadap pembangunan desa.“Tahun 2009, dari 237 juta jiwa penduduk Indonesia, 57% atau sekitar 135 juta jiwa bermukim dan menggantungkan hidupnya di desa. Sisanya 43% atau sekitar 102 juta memutuskan tinggal di kota,”ungkapnya.
Marwan menyebutkan, berdasarkan data terakhir yang diluncurkan BPS pada Maret 2010, persentase jumlah penduduk miskin yang tinggal di kota dan desa tidak banyak berubah. Dari 31,02 juta jiwa penduduk miskin di Indonesia, 64% atau 19,9 juta jiwa tinggal di pedesaan.Sisanya 36% atau 11,1 juta jiwa adalah warga perkotaan. Anggota Komisi II DPR Malik Haramain mengatakan, saat ini masalah utama terletak di desa.
Padahal, desa merupakan sumber tata nilai dan kultur masyarakat Indonesia. Meninggalkan desa sama halnya dengan meninggalkan sejarah, tata nilai,dan identitas yang selama ini telah terbukti menguatkan bangsa ini dari segala macam hantaman krisis baik politik maupun ekonomi. “Di desa inilah, kita masih menemukan kiai-kiai, tokoh-tokoh agama dan adat yang senantiasa setia mendampingi masyarakat tanpa pamrih dari krisis nilai dan kultur,”katanya. (sumber: sindo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: