Jawa Barat Miliki Layanan TKI Satu Pintu

Bandung – Sistem Layanan Terpadu Satu Pintu (LTSP) untuk Tenaga Kerja Indonesia di Jawa Barat diluncurkan oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar,
dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan serta Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Moh Jumhur Hidayat, Rabu (9/2) di Aula Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Institut Teknologi Bandung.

Peresmian LTSP TKI Jabar ditandai penandatanganan berupa prasasti LTSP TKI oleh Menakertrans dan Gubernur Jabar. Dengan layanan satu pintu ini proses perekrutan calon TKI sekaligus penempatan TKI di luar negeri asal Jawa Barat, mampu menghilangkan upaya pemalsuan dokumen data calon TKI/TKI melalui pihak tertentu, termasuk diharapkan mengikis praktik percaloan TKI baik dalam bentuk penempatan TKI ilegal (tidak berdokumen) ataupun perdagangan manusia (human trafficking) terhadap TKI.

LTSP TKI Jawa Barat dibangun dengan maksud menyelenggarakan pelayanan kepada calon TKI/TKI secara terpadu dan prima. Pendirian LTSP TKI dengan Pemprov Jawa Barat ini adalah yang kedua setelah pada akhir 2008, BNP2TKI bersama Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat memprakarsai pendirian LTSP TKI di kota Mataram.

Jumlah TKI dari Jawa Barat sendiri menurut Pusat Penelitian dan Informasi (Puslitfo, 2011) BNP2TKI diperkirakan lebih 1 juta orang di luar negeri, sebagian besar bekerja sebagai TKI PLRT (Penata Laksana Rumah Tangga) di Timur Tengah. Setiap tahunnya Jawa Barat juga menempatkan sekitar 300 ribu TKI ke luar negeri utamanya kawasan Timur Tengah dan negara-negara Asia Pasifik, serta dengan jumlah kepulangan TKI ke tanah air asal Jabar sebanyak 200-300 ribu TKI per tahun.(sumber: liputan6)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: