Bahrudin Nashori : Ditjen Pajak Masih Tertutup Soal Kasus Pajak

Jakarta, — Manipulasi pajak sebetulnya bukan barang baru. Modusnya sangat beragam, bahkan kian hari semakin canggih. Khususnya yang terkait dengan bisnis investasi. Seperti halnya kasus pajak Ancora Mining Service (AMS), meskipun pihak manajemen berulangkali membantah, namun banyak kalangan menilai kunci penyelesaiannya ada di tangan Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak. Untuk itu, Ditjen Pajak dituntut segera menuntaskan kasus ini, serta memaksimalkan langkah investigasi karena modus manipulasi dalam lingkup bisnis investasi yang semakin canggih. Selain itu, kasus ini juga mempunyai daya tarik politis yang cukup besar karena menyeret nama pemiliknya yang berada di lingkar kabinet pemerintah. Pandangan ini disampaikan oleh anggota Komisi III DPR RI, Bahrudin Nashori kepada media beberapa waktu yang lalu. Menurutnya, penyelidikan yang lamban justru menimbulkan banyak pertanyaan dan spekulasi di kalangan publik.
Apalagi, kasus pajak sekarang sangat sensitif dan Ditjen Pajak dituding merupakan salah satu sumber masalah mafia pajak. “Sampai sekarang rasanya saya belum melihat keseriusan Ditjen Pajak untuk menjalankan 12 instruksi presiden. Buktinya, waktu saya tanya Dirjen Pajak soal penyelesaian kasus-kasus pajak, itu terkesan sangat tertutup. Padahal, banyak kasus besar yang belum jelas kelanjutannya dan belum ada progress yang bisa diketahui publik,” ujar Bahrudin kepada wartawan, akhir pekan lalu (19/2/2011). Bendahara Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini berharap agar penegak hukum termasuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) lebih cermat dalam menyelidiki kasus-kasus pajak besar karena banyak juga yang sering dikaitkan dengan proses politik.

Sebagaimana diberitakan, AMS adalah anak perusahaan dari Ancora Group yang kepemilikan sahamnya dikuasai oleh Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Gita Wirjawan. Selain AMS, Ancora Group memiliki beberapa anak perusahaan (afiliasi) lain seperti Ancora Indonesia Resources, Ancora Energy, Ancora Sport, Ancora Foundationdan sebagainya. Bisnis utamanya di bidang investasi dengan memanfaatkan dana investasi asing yang kemudian digelontorkan untuk membiayai bisnis pertambangan dan sebagainya. [Indopos.co.id/fpkb.dpr.or.id)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: