Marwan Ja’far : Impor Beras Ancaman bagi Kedaulatan Pangan

Jakarta, Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa DPR RI Marwan Jafar menyatakan rencana impor beras merupakan ancaman serius bagi kedaulatan pangan nasional. Penyempurnaan regulasi, penguatan infratsruktur pertanian dan penyelesaian faktor penghambat kedaulatan pangan harus diprioritaskan pemerintah.
“Ini bakal mengancam kedaulatan nasional sekaligus harga diri sebagai bangsa. Karenanya harus diperjuangkan bersama. Caranya, dengan menyempurnakan regulasi, menguatkan infrastrukur pertanian dan menyelesaikan faktor-faktor yang menghambat kedaulatan pangan,” kata Marwan Jafar saat diskusi bertema “Kedulatan Pangan vs Impor Beras” di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (24/2/2011)

Menurut Marwan, di tengah tingkat konsumsi yang masih sangat tinggi serta prediksi produksi padi nasional yang merosot pada tahun 2011 akibat perubahan, berkurangnya lahan pertanian diperkirakan bakal menyebabkan kemerosotan hasil panen hingga 30 persen.

Hal tersebut yang dinilai Marwan merupakan alasan dari pemerintah untuk kembali membuka kran impor beras demi menjaga ketersediaan beras dalam negeri setelah pada 2008 dan 2009 impor beras ditiadakan. Sedangkan pada tahun 2010 pemerintah telah melakukan impor beras sebesar 1,2 juta ton dan untuk tahun 2011 diprediksikan akan mencapai 1,75 juta ton.

Padahal di satu sisi, ujar Marwan, pemerintah menginginkan adanya swasembada pangan sebagai bentuk perwujudan dari negara agraris yang semestinya diprioritakan maka jelas hal tersebut akan mengancam ketahanan pangan.

“Masalah impor beras telah menjadi masalah nasional yang serius, sebab terkait dengan  kedaulatan nasional sekaligus harga diri sebagai bangsa. Di satu sisi pemerintah menginginkan swasembada pangan, sementara pada saat yang bersamaan pemerintah juga melakukan impor pangan. Tentu ini sangat kontradiktif. Karenanya, persoalan ini harus diperjuangkan bersama,” ujarnya.

“Oleh karena itu kami ingin membantu pemerintah dan para petani serta seluruh rakyat Indonesia dalam upaya mencari solusi komprehensif. Hal tersebut sangat penting demi menciptakan kedaulatan pangan, baik melalui peningkatan produksi pangan dan menghentikan berbagai impor pangan, khususnya beras,” imbuhnya. (sumber: fpkb.or.id)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: