Komisi A DPRD Sidak GITET Banjaransari

Majalengka–Menindaklanjuti pengaduan warga Desa Banjaransari Kecamatan Cikijing terkait masalah pembangunan GITET PLN, Komisi A DPRD Kabupaten Majalengka melakukan kunjungan ke lokasi GITET tersebut, Selasa (8/3). Rombongan Komisi A dan Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Majalengka ini disambut Camat Cikijing, Maman Rukmana dan Muspika setempat serta perwakilan warga Masyarakat Desa Banjaransari.
Pimpinan rombongan yang juga Wakil Ketua Komisi A, Drs. Muhammad Jubaidi, usai melakukan kunjungan menuturkan kepada media ini, ada beberapa persoalan yang didapatkan Komisi A setelah melihat dan mendengar langsung di lapangan, antara lain lokasi GITET berada di tengah-tengah pemukiman warga sehingga warga merasa resah atas kenyamanan, keamanan dan keselamatan mereka, tidak ada koordinasi dengan pihak Muspika dalam pembangunan tersebut, tidak ada sosialisasi dari pihak PLN kepada warga terkait dampak yang ditimbulkan GITET, PLN pernah menjanjikan akan melakukan sosialisasi dan kajian amdal yang melibatkan akademisi dari ITB namun hingga kini belum dilaksanakan.
“Bahkan kami mendapatkan laporan berupa pernyataan tertulis dari warga yang tanahnya dijadikan lahan pembangunan GITET, bahwa mereka mendapat intimidasi untuk menjual tanahnya”, terang politisi asal Fraksi PKB ini.
Atas temuan tersebut, kata Jubaidi, pihaknya akan segera melakukan rapat kerja dengan Dinas terkait dan pihak PLN guna mencari solusi terbaik. Hal pertama yang akan ditelusuri adalah berkenaan dengan kelengkapan perijinan, antara lain ijin lokasi, IMB dan ijin gangguan. Pasalnya,  untuk dapat mengantongi ijin gangguan saja pihak PLN harus memenuhi persyaratan berupa pernyataan tidak keberatan dari warga sekitar lokasi.
“Kita belum tahu apakah pihak PLN sudah memenuhi semua perijinan atau belum. makanya kita akan segera undang SKPD terkait dan pihak PLN guna mengetahui lebih lanjut dan memutuskan sikap dewan terkait hal tersebut”, kata Jubaidi sambil menyesalkan ketidakhadiran pihak PLN dalam kunjungan ke lokasi tadi. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: