MK Tolak Uji Materi Peraturan Recall Anggota Dewan

JAKARTA– Mahkamah Konstitusi menolak uji materi yang diajukan politisi Partai Kebangkitan Bangsa Lily Chadidjah Wahid.

“Menyatakan menolak permohonan Pemohon untuk seluruhnya,” ujar Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD membacakan amar putusan, Jumat (11/3).


Anggota DPR Komisi I itu mengajukan uji materi pasal 213 ayat (2) huruf e, huruf h UU No27 Tahun 2009 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD serta pasal 12 huruf g, huruf h UU Nomor 2 tahun 2008 tentang Partai Politik.


Lily Chadidjah Wahid menilai pasal-pasal tersebut bertentangan dengan pasal 1 ayat (2), pasal 28 G ayat (1) UUD 1945. Kedua pasal tersebut berisi tentang usulan pemberhentian anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

Pemohon menilai pergantian antarwaktu atau recall anggota Dewan yang diatur dalam pasal 12 huruf g, telah melanggar hak rakyat. Pasalnya anggota dewan dipilih rakyat sehingga partai politik tak berwenang untuk memberhentikan dan me-recall.

Lily mengajukan uji materi ini, setelah partai PKB menyatakan akan mempertimbangkan untuk mengganti posisi Lily di dewan legislatif. Seperti diketahui, Lily kerap membelot dari arahan partainya dalam beberapa kesempatan. Setelah sebelumnya berbeda dengan keputusan partainya tentang hak angket Century, Lily juga membelot dari arahan partainya dalam kasus hak angket mafia pajak.


Hakim konstitusi Maria Farida Indrati menuturkan UU Partai Politik sudah mengatur tindakan pendisiplinan terhadap anggota partai politik, termasuk anggota partai politik yang menjadi anggota dewan.

Apalagi di pasal 22B UUD 1945 memungkinkan pemberhentian anggota DPR dari jabatannya yang syarat-syarat dan tata caranya diatur dalam Undang-Undang, sehingga dianggap tidak merugikan hak konstitusional pemohon. “Itu tidaklah bertentangan dengan konstitusi,” ujarnya. (sumber: mediaindonesia)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: