Empat Alasan PKB Bertahan di Koalisi

JAKARTA – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tetap akan berada di koalisi. Kendati perbedaan pendapat dalam partai koalisi diwarnai carut-marut. Empat Alasan PKB Bertahan di Koalisi

supaya lebih baik dalam bingkai konstitusi. Selain itu agar PKB bisa ikut berpartisipasi secara langsung dalam membangun bangsa dan negara.


“PKB memandang bahwa akan lebih efektif jika membangun bangsa dan negara terlibat secara langsung di dalamnya, ikut berkiprah secara langsung, dan menanamkan hal-hal yang fundamental untuk bangsa dan negara ke depan,” papar Ketua Fraksi PKB, Warwan Jafar, lewat pesan singkatnya kepada tribunnews.com, kemarin, Minggu (13/3/2011).


Selain itu dalam kacamata PKB pasang surut koalisi ini harus dilihat dengan penuh kearifan, kesabaran, komitmen, dan mendorong supaya ada revitalisasi, reorganisasi, serta reformulasi koalisi untuk lebih efektif dalam rangka mendukung sistem presidensial. Sehingga lanjut Marwan, kepalsuan-kepalsuan, kepura-puraan, hipokrisi, saling lempar tanggung-jawab seperti selama ini terjadi dapat dihindari sedini mungkin.


“Koalisi ke depan harus dibarengi dengan rasa tanggungjawab yang mendalam, penuh komitmen, dan antara satu dengan lainnya ada solidaritas yang tulus, serta kolektifitas yang utuh,” jelasnya.


Alasan ketiga kata marwan, bahwa PKB yakin rakyat akan melihat dan menilai, bahwa partai-partai mana yang punya komitmen kuat terhadap koalisi dalam rangka memperjuangkan aspirasi rakyat, serta partai-partai mana yang hanya mau enak sendiri.

“Dengan demikian, rakyat harus tahu, partai-partai mana punya karakter berkomitmen yang sesungguhnya, dan partai-partai mana yang penuh kepalsusan, kepura-puraan serta tipuan-tipuan,” katanya.


Alasan keempat yakni, PKB memandang bahwa koalisi adalah langkah strategis untuk tetap mendukung pemerintahan yang stabil dan produktif. PKB menyadari bahwa dalam Koalisi masih ada kenyataan politik bahwa sesama peserta koalisi belum seiring dan seirama dalam kebersamaan baik di pemerintahan maupun diparlemen.


“PKB melihat bahwa kedepan harus ada niatan untuk menata koalisi secara komprehensif, total,dan detail,” tegasnya. (sumber: tribunnews)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: