NU Tetap Dukung PKB

SURABAYA — Nadhlatul Ulama masih tetap diperhitungkan menjadi faktor dominan dalam politik di Indonesia. Buktinya, kemarin ketua umum DPP PKB Muhaimin Iskandar melakukan show of force dengan bersama-sama ketua umum PBNU KH. Said Agil Siradj melakukan safari politik di Lumajang, JAwa Timur.

Bahkan, di VVIP Room Bandara Juanda kemarin, Said Agil menyatakan dukungan NU terhadap PKB. “Keputusan Muktamar NU di Lirboyo pada tahun 2000 lalu belum berubah dan belum dicabut,” ucapnya. Saat itu, dalam muktamar tersebut PBNU mendukung partai yang dibidaninya, PKB.

Acara PCNU Lumajang tak ubahnya safari politik. Ada dari kalangan fatayat, Ansor, NU, Muslimat, semuanya hadir dalam acara tersebut.

Momen ini penting bagi Muhaimin Iskandar. Karena selama ini, banyak parpol yang berebut mendulang dukungan NU. Setidaknya PKNU dan PPP, yang mengklaim juga “anak” dari NU. Apalagi, dalam seminar menyambut Harlah NU yang dilakukan PWNU Jatim di Hotel Bumi bulan lalu, PKB justru tak mendapat kesempatan jadi pembicara. Malah PPP yang jadi pembicara.

Sementara itu, Muhaimin Iskandar mengatakan bahwa PKB mempunyai banyak kyai. “Kalau pun diberitakan ada yang pindah ke parpol lain, itu paling hanya segelintir. Tidak akan mempengaruhi PKB secara signifikan,” kata pria yang juga menjabat sebagai Menakertrans tersebut.

Muhaimin juga mengatakan target PKB dalam pileg 2014 mendatang adalah mendapatkan 15 persen suara, atau minimal 100 kursi di parlemen. “Akan kami kembalikan keberhasilan dalam pileg 1999 lalu, yang mendapat 15 persen suara,” tuturnya.

Dalam pileg 2009 lalu, PKB hanya mendulang 5.146.122 suara, atau hanya 4,94 persen saja. Dengan perolehan itu, PKB memperoleh 28 kursi di DPR RI. Perolehan ini menurun dibanding pileg 2004 lalu yang mencapai 11.989.564 suara, dan jauh lebih menurun dibanding pileg 1999 yang mendapatkan 13.336.982 suara.

Muhaimin juga berkomentar soal parliamentary threshold (PT). “Kami berharap bahwa PT bisa diturunkan menjadi hingga tiga persen, bukan lima persen sebagaimana yang direncanakan, sekarang,” tambahnya. (jpnn)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: