300 Santri di Jawa Timur Siap Magang ke Jepang

Jombang, Meski negeri sakura baru saja dihajar bencana Tsunami, namun hal itu tidak menyurutkan sekitar 300 santri untuk magang bekerja disana. Kini 300 santri tersebut sedang digembleng di Pesantren Mambaul Ma’arif Denanyar Jombang.
 

Salah satu pengasuh PP Mambaul Maarif Denanyar, Abdul Halim Iskandar mengatakan, ratusan santri yang mengikuti pelatihan berasal dari pondok-pondok di Jawa Timur. 


“Mereka kita persiapkan untuk magang bekerja di Jepang,” jelasnya bersama Presiden International Manpower Development of Medium and Small Enterprises, Japan (IMM) Kyoei Yanagisawa saat berkunjung di Pondok Milik Menteri Tenaga Kerja Muhaimin Iskandar, Senin (21/3/2011) seperti dilansir beritajatim.com.


Halim yang juga Wakil Ketua DPRD Propinsi Jatim dari Fraksi PKB ini menambahkan, pihaknya tidak khawatir atas dampak tsunami dan radiasi Nuklir yang kini melanda negara Jepang tersebut. Ia beralasan, IMM memiliki komitmen kuat terhadap keselamatan tenaga kerja. Selain itu, mereka (TKI) juga diasuransikan.


Halim menjelaskan, para santri yang menjadi TKI ini akan magang bekerja di Jepang selama 3 tahun. Selanjutnya mereka dipulangkan ke kampung halaman. Bukan hanya itu, saat pulang para peserta magang juga akan mendapatkan suntikan modal.


Bagus Mujianto, Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produksi Direktorat Bina Pemagangan Kementrian tenaga Kerja mengungkapkan, para tenaga kerja yang ditanganai melalui IMM rencananya akan ditempatkan pada sektor industri yang jauh dari laut. Sehingga jauh dari ancaman tsunami.


“Dampak Tsunami memang dirasakan oleh para TKI. Namun mereka semua selamat. Saat ini TKI di Jepang sekitar 6700 orang. Dari jumlah itu sekitar 32 orang menunggu untuk dipulangkan,” kata Bagus memastikan. (mad/NU Online)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: