Bangun Kebersamaan, PKB Majalengka Canangkan Program ‘Kupas Tuntas PKB’

Majalengka–Menyadari pentingnya kebersamaan dalam memenangkan PKB pada pemilu 2014 mendatang, DPC PKB Kabupaten Majalengka menggelar pertemuan dengan para pengurus partai di tingkat DPC dan DPAC se-kabupaten Majalengka serta anggota Fraksi PKB DPRD Majalengka,  Ahad (27/3/11). Pada pertemuan yang diberi label ‘Kupas Tuntas PKB’ tersebut, Ketua DPC PKB Majalengka, Nasir, S.Ag. dan Ketua Fraksi PKB Ade Ganda Sasmita, A.Ma memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada para pengurus untuk menyampaikan pertanyaan, kritik, saran pendapat dan bahkan keluhannya. 
Setidaknya ada 23 point yang dilontarkan para pengurus dan kader PKB pada pertemuan itu. Antara lain menyangkut kebijakan PKB di tingkat pusat yang me-recall Ibu Lily Wahid dan Gus Choi, kesan PKB sebagai anak emas yang sam’an wa thoa’atan kepada SBY terutama dalam kasus century gate dan mafia pajak, belum dirasakannya program dari pusat untuk kader PKB, keberadaan PKB Mbak Yeny, hubungan PKB dan NU di tingkat pusat, kondisi PKB Jabar dan lain-lain. Sementara untuk persoalan lokal, banyak dipertanyakan kiprah Fraksi PKB di DPRD Majalengka yang belum banyak dirasakan oleh pengurus dan kader PKB, adanya anggota fraksi yang tidak aspiratif dan bahkan terkesan apatis terhadap kadernya, gencarnya usaha partai lain dalam menggaet massa nahdhiyyin, hubungan PKB dan Keluarga Besar NU Majalengka, kondisi keuangan partai, dan lain-lain.
Ketua DPC PKB Majalengka, Nasir, S.Ag, seusai acara tersebut mengatakan, program ‘Kupas Tuntas PKB’ ini dimaksudkan untuk menumbuhkan kebersamaan diantara elite partai di tingkat DPC dan DPAC. Semua pertanyaan dan persoalan partai tidak hanya dijawab oleh pengurus DPC dan Fraksi, akan tetapi juga menjadi tanggungjawab semua pengurus untuk dicari solusinya.
“Kami mendengar keluhan, kritik dan pertanyaan mereka, dan kami menjelaskan dengan sejujur-jujurnya. Tidak ada yang ditutup-tutupi, semuanya kami sampaikan apa adanya. Akhirnya Teman-teman juga ikut mencari solusinya”, kata Wakil Ketua DPRD Majalengka ini.
Selama ini, lanjut mantan Ketua PC PMII Kabupaten Sidoarjo ini, ada kesenjangan informasi dan kesalahan pemahaman pengurus DPC dan DPAC kepada para anggota fraksi. Sehingga muncul nada miring yang ditujukan kepada para anggota dewan itu. Sikap tersebut jika dibiarkan akan menjadi bom waktu yang dapat membahayakan keutuhan partai.
“Teman-teman pengurus DPAC dan bahkan DPC tadinya hanya melihat enaknya saja kepada pengurus DPC dan anggota fraksi. Namun setelah dijelaskan tugas pokok, fungsi, tanggungjawab dan beban yang dipikul serta  apa saja yang sudah dikerjakan selama ini, akhirnya teman-teman paham dan mengerti”, katanya.
Nasir menambahkan, program ini akan secara rutin dilaksanakan setiap bulan. Ke depan dia mengharapkan DPW dan DPP dapat hadir dalam acara tersebut guna memberikan informasi tentang PKB di Jawa Barat dan di pusat. Nasir juga merencanakan akan mengundang pengurus PCNU dan KBNU, akademisi, pengamat sosial politik, Ormas dan OKP di luar NU, para jurnalis, dan tokoh masyarakat dalam acara itu secara periodik. Dari mereka, menurut Nasir akan didengar pendapat, pandangan dan harapannya kepada PKB.
Sementara itu, Ketua DPAC PKB Kecamatan Argapura, Dana Suganda, mengaku senang dengan acara tersebut. Menurutnya, dalam acara tersebut dia dapat menyampaikan uneg-unegnya selaku pengurus DPAC tanpa ada rasa waswas atau takut dimarahi DPC.
“Alhamdulillah uneg-uneg saya sudah saya sampaikan. Tentunya bukan uneg-uneg pribadi saya saja tetapi juga para pengurus dan kader PKB di wilayah saya. Saya salut deh dengan pak ketua DPC telah membuat forum seperti tadi”, kata Dana diamini Ketua DPAC PKB Cikijing Diding Joharuddin. (AS)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: