Draf RUU Pemilu Banyak Kekurangan

JAKARTA – Centre for Electoral Reform (Cetro) menilai draf RUU tentang Perubahan UU No 10/2008 tentang Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD,dan DPRD yang memasuki tahap finalisasi masih banyak kekurangan.

Direktur Eksekutif Cetro Hadar Nafis Gumay mengatakan, draf RUU ini disusun hanya untuk tidak mengganggu kenyamanan partai politik dan para politisinya yang saat ini duduk di parlemen. Banyak hal yang sifatnya prinsip, tapi tidak disentuh dalam revisi UU No 10/2008 ini. Hal itu, misalnya,menyangkut pengaturan dana kampanye, sanksi pelanggaran kampanye, dan pengadilan pemilu.


“Berbagai perubahan dalam RUU ini justru hal-hal yang seharusnya tidak diubah. Seperti tata cara mekanisme pemilihan dari yang semula sudah memakai pencontrengan, diubah kembali menjadi pencoblosan,” tutur Hadar saat berdiskusi dengan jajaran redaksi SINDOdi Jakarta kemarin. Satu-satunya hal yang cukup positif dari draf RUU Pemilu ini adalah perubahan aturan daftar pemilih.


Pada draf tersebut dijelaskan bahwa data kependudukan dari pemerintah dan dilansir Badan Pusat Statistik (BPS) nantinya tidak akan menjadi satu-satunya acuan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam menetapkan daftar pemilih tetap (DPT). Terkait kritikan terhadap draf RUU Pemilu ini, sebelumnya Cetro pernah mengusulkan penyederhanaan sistem pemilu lewat sistem mixed member proportional (MMP) atau sistem proporsional campuran.


Peneliti senior Cetro Refly Harun memaparkan, dengan sistem ini kedekatan emosional antara caleg dan parpol akan terjaga erat. Caleg tidak lagi berkampanye atas nama pribadi tanpa mengampanyekan parpolnya.“ Sebab, berapa pun besarnya suarayangdiraihseorang caleg,akan percuma jika parpol yang mengusungnya tidak memenuhi ambang batas perolehan suara atau parliamentary threshold,”ungkap Refly.


Sejumlah parpol telah merespons positif gagasan Cetro ini. mereka adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP),Partai Golongan Karya (Golkar), dan Partai Demokrat. (sumber: sindo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: