Al-Mizan Jatiwangi Buka Program Sarjana Muslim Unggulan

Jatiwangi Majalengka–Yayasan Al-Mizan Jatiwangi Majalengka membuat terobosan baru dengan membuka program Sarjana Muslim Unggulan di bidang IT. Program ini menurut Ketua Yayasan Al-Mizan, Mas Zainal Muhyiddin, S.Ag.,  merupakan model pendidikan tinggi bidang teknologi informasi yang dipadukan dengan nilai-nilai ke-Islam-an dan semangat ke-pesantren-an yang diselenggarakan atas kerjasama antara STMIK Bandung dengan Pondok pesantren Al Mizan Langesari Jatiwangi Majalengka.

“Insya Allah Program ini akan mulai dibuka pada tahun pelajaran 2011/2012 ini,” terang Kang Zenal, panggilan akrabnya kepada media ini, Jum’at (1/4/11).


Program ini, lanjut Wakil Ketua DPC PKB Majalengka ini, dilatarbelakangi berbagai hal yaitu, 1) globalisasi informasi merupakan fenomena yang menuntut kesiapan setiap individu, kelompok, dan bangsa untuk bersaing secara kompetitif dan menjunjung tinggi nilai-nilai moralitas; 2) kebutuhan terhadap profesional IT dan technopreneur di Indonesia dan dunia sangat tinggi, seiring dengan laju globalisasi informasi; 3) Indonesia membutuhkan profesional IT dan technopreneur yang cerdas, inovatif, mandiri, yang berkarakter Islami yang akan membawa Indonesia menjadi negara maju yang mengedepankan nilai-nilai moralitas; 4) Kolaborasi Pendidikan Tinggi Teknologi Informasi dan Podok Pesantren merupakan model kolaborasi yang tepat untuk membekali mahasiswa dengan nilai-nilai Ke-Islam-an dan skill teknologi informasi sehingga membentuk karakter pribadi yang beriman dan bertaqwa sebagai harapan bangsa untuk membawa perubahan positif bagi bangsa, jelasnya.

Sementara itu,  Jus Jayusman dari STMIK Bandung menjelaskan, STMIK Bandung menyadari akan pentingnya kerjasama kemitraan dengan pondok pesantren dibidang IT. Hal ini selain karena tuntutan globalisasi juga karena para pengelola STMIK Bandung ini banyak alumni pesantren. Sehingga kalau disatukan antara STMIK sebagai institusi perguruang tinggi  dibidang IT dengan pesantren sebagai institusi pendidikan Islam yang menanamkan nilai-nilai ke-Islaman dan kepesantrenan maka akan semakin sempurna.

Implementasi program kemitraan tersebut adalah pembukaan Kampus 2 STMIK Bandung di Pondok Pesantren Al-Mizan yang mulai tahun akademik 2011-2012 membuka pendaftaran calon mahasiswa D3 dan S1 untuk jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Bagi lulusan Madrasah Aliyah (MA) dan pesantren ada Program Sarjana Muslim Unggulan, untuk lulusan SMA ada Program Sarjana Technopreneur, untuk lulusan SMK ada Program Sarjana Unggulan, dan untuk guru-guru TIK tapi latarebelakangnya non TIK ada Program Sarjana Peduli Guru (PSPG).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: