Fraksi PKB Nilai Kinerja Bupati Tahun 2010 Masih Lemah

MajalengkaFraksi Partai Kebangkitan Bangsa DPRD Kabupaten Majalengka menilai kinerja Bupati Majalengka tahun 2010 masih lemah. Pasalnya dari 7 (tujuh) komponen dalam indikator makro sosial ekonomi baru dapat tercapai 3 (tiga) komponen. Sedangkan 4 (empat) komponen lainnya walaupun terdapat peningkatan di banding tahun 2009 tetapi belum mencapai target sesuai dengan amanat RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Kabupaten Majalengka.
“Ada 4 (empat) komponen dalam indikator makro yang belum tercapai, yaitu Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE), Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) dan tingkat kemiskinan yang masih tinggi. Untuk Itu Fraksi PKB menilai kinerja Bupati selama tahun 2010 masih lemah”, ungkap Juru Bicara Fraksi PKB, Aan Subarnas, SE, pada sidang paripurna DPRD Majalengka, Selasa pagi (5/4/11).
Indikator Makro yang dituangkan dalam RPJMD, lanjut Aan Subarnas, merupakan amanat yang harus dicapai oleh Bupati. Keberhasilan dan kegagalan pembangunan terukur dari pencapaian ketujuh komponen indikator makro tersebut. Untuk itu perlu upaya yang maksimal dan perhatian khusus dari Bupati Majalengka terhadap pencapaian indikator makro tersebut  pada tahun 2011. Terutama pada tiga sektor yang dinilai masih lemah, yaitu sektor ekonomi, kesehatan dan pendidikan.
Pada Pandangan Umum itu juga, Fraksi PKB menyoroti rendahnya kualitas pekerjaan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Majalengka. Fraksi PKB mencontohkan pembangunan jalan Cigasong-jatiwangi, Jatiwangi-Ligung, Baribis-Kasokandel, Rajagaluh-Prapatan dan Prapatan-Budur. Menurut Fraksi PKB, Pembangunan jalan tersebut saat ini sudah banyak yang rusak, padahal baru dibangun beberapa bulan yang lalu.
“Untuk itu, perlu ada tindakan dan sikap tegas dari Pemerintah Daerah terhadap para rekanan yang dalam mengerjakan kegiatannya tidak sesuai dengan bestek dan tidak tepat waktu,” Kata Aan.
Namun demikian, Fraksi PKB juga memberikan apresiasi dan terimakasihnya kepada Bupati, Wakil Bupati, Muspida dan seluruh jajaran eksekutif yang telah bekerja keras mengabdikan dirinya untuk membangun Majalengka ke arah yang lebih baik. Fraksi PKB memandang, geliat pembangunan di Majalengka sudah lebih baik dari sebelumnya. Terbukti dengan giatnya partisipasi masyarakat dalam ikut serta membangun desanya melalui program-program pemerintah. Wajah kota Majalengka juga sudah lebih cerah sehingga kini menjadi bagian dari kebangaan masyarakatnya. (Asep)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: