Pengusaha Keluhkan Buruknya Layanan Perizinan Di Majalengka

MAJALENGKA – Sejumlah pengusaha yang hendak menanamkan modal usahanya di Kabupaten Majalengka mengeluhkan kemudahan pelayanan dan perizinan di sektor usaha dan industri masih buruk.


Buruknya pelayanan untuk pendapatkan izin usaha yang dikeluarkan oleh Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal (BPPTPM) salah satunya adalah harus ada rekomendasi dari Bupati Majalengka terlebih dahulu.

Ujang, salah seorang pengusaha asal Cirebon mengaku, sudah hampir satu bulan lebih mengajukan izin usaha dealer motor, namun sampai saat ini izin pihak BPPTPM Majalengka belum juga mengeluarkan izin.

“Katanya harus menunggu rekomendasi dulu dari Bupati, padahal sudah jutaan rupiah uang yang saya keluarkan untuk izin tersebut, ” ujarnya kepada sejumlah wartawan, Kamis (7/4/2011).

Dikatakannya, selain prosesnya yang ribet dan lama pihak BPPTPM Majalengka juga tidak transparan dalam menentukan standar besaran harga perizinan di setiap bidang usaha. Hal ini menimbulkan celah bagi para oknum petugas BPPTPM yang “nakal”, yakni menaikan harga seenaknya.

Sementara itu saat ditemui di ruangannya, Kepala BPPTPM Kabupaten Majalengka Yayat Sudrajat melalui Kepala Bidang Perizinan, Jahuri mengaku tidak pernah mempersulit pengusaha dari luar yang ingin menginvestisaikan modal usahanya di Majalengka.

BPPTPM Majalengka sudah memberikan pelayanan perizinan sesuai Peraturan Daerah (perda) yang ada, untuk beberapa jenis usaha tertentu diakuinya memang harus ada rekomendasi dari Bupati.

Beberapa jenis usaha yang harus mendapat rekomendasi dari Bupati tersebut sesuai dengan Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), adapun jenis usaha diantaranya adalah usaha pertambangan, dan segala jenis usaha yang modal usahanya diatas Rp.500 juta lebih.

“Tidak semua investasi usaha harus mendapatkan rekomendasi dari Bupati, hanya jenis usaha yang memiliki modal minimal 500 juta lebih,” ujarnya.

Saat disinggung besarnya nilai harga pembayaran yang dipungut kepada pengusaha yang ingin memperoleh rekomendasi dari Bupati, Jahuri enggan menjelaskan, “Kalau masalah itu saya tidak tau, ” ujarnya. (majalengka online)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: