Pejabat Perlu Mawas Diri

Jakarta – Para pejabat negara perlu terus mawas diri. Berbagai kritik atas kinerja
pemerintahan yang belum maksimal selama ini hendaknya dijadikan bahan untuk memperbaiki diri demi meningkatkankinerja yang memihak masyarakat.


Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) A. Muhaimin Iskandar menyampaikan hal itu di Jakarta, Senin (18/4). Bangsa Indonesia saat ini mengalami proses transisi demokrat, semua proses politik berjalan secara terbuka dankontrol masyaraat kian kuat.


“Kita semua perlu mawas diri untuk perbaiki. Ini baian dari pembelajaran demokrasi. Kalau tidak begitu, momentum konsolidasi demokrasi ini akan mandek,”katanya.


Menurut Muhaimin, pengawasan terahadap para pejabat perlu ditingkatkan. Pemerintah pusat dan daerah diawasi oleh DPR dan DPRD, anggota DPR dan DPRD diawasi para pengurus partai. Semuanya kemudian diawasi oleh masyarakat.


PKB berusaha meningkatkan kapasitas pejabat dari partainya lewat Forum Kerja Sama Program Legislatif dan Eksekutif dari PKB se-Indonesia di Ancol, Jakarta Utara 17-19 April. Mereka menambahkan wawasan dengan berdiskusi dan memantapkan orientasi untuk kepentingan rakyat. “Kami ingin meningkatkan diri dan tiak ingin disebut sebagai parlemen gagal atau pemerintahan yang lamban,” ujarnya.


Sekertaris Jendral DPP PKB Imam Nahrawi mengungkapkan, ada sekitar 900 anggota DPR dan DPRD serta 56 kepala daerah dari PKB. Mereka ingin mempertegas agar semua kebijakan APBN, APBD, Undang-undang dan peraturan daerah secara nyata berpihak kepada kepentingan rakyat. Itu sekaligus menjawab sorotan publik yang menganggap pejabat hanya memikirkan diri sendiri dan kelompoknya.


“Kami ingn mengawal keberpihakan pejabat kepada masyarakat. Para pejabat juga sebaiknya turun ke lapangan, menjumpai dan menyapa rakyat,” tuturnya. (sumber: kompas)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: