PKB Majalengka Kebut Kelengkapan Verifikasi

Majalengka–Melengkapi persyaratan partai guna verifikasi parpol ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Sudah hampir 4 (empat) bulan DPC PKB Majalengka bekerja, namun hingga kini baru selesai sekitar 40 persen. Demikian disampaikan Ketua Tim Verifikasi Internal DPC PKB Majalengka, Asep Nurjaman, S.Ag., kepada media ini Sabtu (7/5/11).
Menurut Asep, seluruh persayaratan verifikasi untuk tingkat DPC sebenarnya sudah selesai sejak 4 bulan yang lalu. Hanya saja masih ada satu kekurangan, yakni surat keterangan terdaftar dari Kantor Kesbangpol Kabupaten Majalengka. Surat tersebut belum dapat dikeluarkan  Kesbangpol karena pihaknya belum dapat menyerahkan 50 persen surat keterangan terdaftar DPAC PKB dari pemerintah kecamatan. Persoalannya, lanjut Asep, masih banyak DPAC PKB yang belum merampungkan persyaratan verifikasi tersebut. 
“Ada beberapa persyaratan yang tadinya dianggap mudah tetapi dalam prakteknya masih banyak DPAC yang belum melaksanakannya. Antara lain poto copi KTP seluruh pengurus DPAC, surat  keterangan domisili sekretariat dan surat keterangan terdaftar di kecamatan” Kata politisi asal Desa Jatisura Kecamatan Jatiwangi ini.
Yang belum dilengkapi oleh kebanyakan DPAC, tambah Asep, adalah surat keterangan terdaftar dari kecamatan. Surat ini dalam format yang diedarkan oleh DPP tidak ada, namun berdasarkan surat edaran dari Bupati Majalengka harus ada karena sebagai syarat keluarnya surat keterangan terdaftar DPC dari Kesbangpol. Sehingga DPAC harus bolak-balik ke kecamatan, yaitu untuk membuat surat keterangan domisili sekretariat DPAC dari pihak desa yang harus diketahui oleh Camat dan Surat Keterangan Terdaftar DPAC di Kecamatan. Sulitnya lagi, untuk mendapatkan surat keterangan terdaftar, selain menyerahkan SK Kepengurusan, Potensi DPAC PKB juga harus menyerahkan surat pernyataan tidak rangkap jabatan dengan parpol lain dari seluruh pengurus DPAC di atas kertas bermaterai 6000.
“Sebenarnya kalau berdasarkan surat edaran dari DPP kita sudah selesai sejak dua bulan yang lalu. Namun karena harus ada surat keterangan terdaftar dari kecamatan, maka  DPAC harus balik lagi kepada pengurus DPAC untuk meminta surat pernyataan  tidak rangkap jabatan dengan parpol lain dan balik lagi ke kecamatan untuk meminta surat keterangan terdaftar”, ungkap Asep.
Namun demikian dirinya bersama dengan anggota Tim Verifikasi Internal berjanji akan bekerja secepatnya untuk menuntaskan persyaratan verifikasi tersebut. (Aan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: