Perempuan PKB Jenguk TKI Terlantar

JAKARTA – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Pergerakan Perempuan Kebangkitan Bangsa (PPKB) yang merupakan organisasi sayap Partai Kebangkitan Bangsa, kemarin mengunjungi sembilan orang tenaga kerja Indonesia (TKI) yang tengah dirawat di rumah sakit Koja, Jakarta Utara. Kesembilan TKI tersebut adalah bagian dari dua ribu lebih TKI yang dipulangkan pemerintah setelah sekian lama terlantar di Mekkah.
Menurut ketua rombongan Ari Haryati kepada wartawan, kedatangan para istri anggota DPR dari FPKB ke rumah sakit itu selain membesuk, juga untuk memberikan empati dan menyerap aspirasi dari para TKI yang tengah terbaring sakit. “Kami berkomunikasi langsung dengan para TKI. Tujuannya untuk mendengarkan apa tuntutan dan harapan mereka,” ujar istri dari ketua Fraksi PKB di DPR, Marwan Jafar, di sela-sela kunjungannya di Rumah sakit Koja, kemarin
Sementara itu, anggota Komisi IX, Gitalis Dwinatarina mengungkapkan, bahwa ia bersama rombongan yang lain sangat prihatin dengan kondisi para TKI yang sedang dirawat tersebut. Gitalis berjanji akan membawa hasil kunjungannya ini ke rapat Komisi IX DPR. “Saya berharap kasus yang menimpa sembilan TKI ini bisa menjadi pelajaran berharga bagi semua elemen Bangsa” penyanyi yang terkenal dengan sebutan Gita KDI itu kepada wartawan seusai menemui TKI tersebut.
Gita berharap kepada tiga unsur yaitu, pemerintah, DPR dan LSM pemerhati TKI bisa meningkatkan hubungan kerja yang sinergis sehingga persoalan TKI tidak terulang kembali. Terobosan untuk menghindari kasus kekerasan salah satunya adalah dengan memberikan pelatihan yang lebih kepada TKI yang akan berangkat, tidak hanya cukup bias baca dan menulis saja. “Kalau hal ini terlaksana dengan baik maka, di masa yang akan datang TKI kita akan disegani dan bangsapun akan dihargai,” ucapnya seraya mengatakan hasil pembicaraanya dengan kesembilan TKI disampaikan kepada anggota Komisi IX DPR lainnya dalam rapat intern. (sumber: indopos)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: