Daftarkan Diri, PKB Sudah Siap Diverifikasi

JAKARTA – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), secara resmi telah mendaftarkan diri sebagai parpol berbadan hukum ke Kementrian Hukum dan HAM. Partai pimpinan Muhaimin Iskandar itu yakin bakal lolos proses verifikasi oleh Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dan bakal ikut bertarung di Pemilu Legislatif 2014.

Pendaftaran PKB ke Kemenkumham dilakukan oleh Sekjen DPP PKB, Imam Nahrawi, Rabu (8/6). “Ini adalah bentuk keseriusan PKB untuk memenuhi persyaratan di UU Parpol,” ujar Nahrawi saat ditemui usai menyerahkan berkas pendaftaran PKB di Kantor Kemenkumham.

Ikut serta saat pendaftaran PKB ke Kemenkumham antara lain Helmy Faishal Zaini (Ketua DPP PKB), Andi M Ramli (Sekretaris Dewan Syura), Yusuf Mujeni (Wakil Sekjen), Bambang Susanto (Wakil Bendahara Umum), serta beberapa ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKB. Saat mendaftar, rombongan dari PKB diterima langsung oleh Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar yang didampingi Dirjen Administrasi Hukum Umum (AHU) Aidir Amin Daud.

Seperti diketahui, dalam UU Nomor 2 Tahun 2011 tentang Parpol ditegaskan bahwa parpol harus didaftarkan ke Kemhukham untuk menjadi badan hukum. UU Parpol juga mensyaratkan adanya kepengurusan di seluruh provinsi. 

Diharuskan pula, sekurang-kurangnya terdapat pengurus di 75 persen kabupaten/kota di setiap provinsi. Sedangkan untuk tingkat kabupaten/kota, diharuskan ada kepengurusan minimal 50 persen dari jumlah kecamatan di kabupaten/kota yang bersangkutan.

Nahrawi menyebutkan, pihaknya memang belum melengkapi seluruh berkas pendaftaran. Sebab, kepengurusan PKB yang disertakan dalam pendaftaran ke Kemenhuham itu baru 13 DPW, 113 DPC dan 111 Pengurus Anak Cabang (PAC). “Soal kesiapan sebenarnya sudah siap. Tapi secara bertahap kita akan lengkapi berkas pendaftarannya,” imbuh Nahrawi. 

Lebih lanjut Nahrawi menegaskan, berdasarkan inventarisasi internal PKB dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) di Bandung pada 5-6 Juni lalu, struktur kepengurusan PKB sudah lengkap hingga tingkat paling bawah. “Sudah 100 persen kepengurusan,” imbuh Nahwawi. 

Meski demikian konsolidasi internal untuk menyempurnakan berkas verifikasi parpol terus dilakukan. PKB, sebut Nahrawi, juga sudah menyiapkan proses rekrutmen caleg. 

“Kita terus lakukan pemetaan dapil (daerah pemilihan). Dan tentunya untuk mengejar target 100 kursi DPR, kita berikan peluang kepada pihak luar untuk maju sebagai caleg PKB,” tandas Nahrowi.(ara/jpnn)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: