Sudah 11 Parpol Lolos Verifikasi di Majalengka

Majalengka – Mendekati batas akhir verifikasi partai politik peserta pemilu 2014 di tingkat Kabupaten/Kota akhir Juni 2011 ini, di Kabupaten Majalengka sediktinya sudah 11 partai politik yang dinyatakan lolos verifikasi.

Kepala Seksi Hubungan Antar Lembaga Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Majalengka, Mutaqo Arifin mengatakan, sebelas partai politik tersebut adalah Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Keadilan dan Persatuan Indoneisa (PKPI), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

“Sebelumnya ada 9 parpol yang lolos verifikasi, ditambah dua yang baru dikeluarkan surat keterangan terdaftar (SKT) yakni Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Hati Nurani Rakyat (Haura),jadi total sudah 11 parpol ” kata Murtaqo kepada sejumlah wartawan, Selasa (28/6/2011).

Murtaqo menjelaskan, masih ada tiga partai politik lagi yang akan menyusul lolos verifikasi sebagai peserta pemilu 2014 di Kabupaten Majalengka yakniPartai Peduli Rakyat Nasional (PPRN), Partai Gerakan Indonsia Raya (Gerindra) dan Partai Nasional Republik (Nasrep).

“Untuk ketiga parpol yang akan menyusul lolos tersebut masih menunggu selesai tanda tangan pimpinan, sementara ada satu parpol yang mengundurkan diri yakni Partai Damai Sejahtera (PDS),” ujar Murtaqo.

Murtaqo menambahkan, Seusai UU No 2/2011 tentang Partai Politik, kepengurusan di tingkat kabupaten/kota paling sedikit 50 persen dari jumlah kecamatan. Artinya, untuk bisa lolos verifikasi sebuah parpol di Kabupaten Majalengka harus memiliki kepengurusan minimal di 13 Kecamatan dari total 26 Kecamatan yang ada di Kabupaten Majalengka.

Selain itu persyaratan lainnya adalah minimal kantor sekretariat parpol mengontark harus 4 tahun berbeda dengan parpol besar rata-rata sudah memiliki aset kantor sendiri tidak mengontrak.

Batas akhir verifikasi di tingkat kabupaten/kota adalah sampai 30 Juni 2011, selanjut di tingkat provinsi 30 Juli 2011 dan pusat 22 Agustus 2011. “Kalau tidak lolos verifikasi tidak bisa mengikuti Pemilu 2014,” tuturnya. (majalengka-online)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: