DPR Minta Bansos Dihentikan 6 Bulan Jelang Pemilukada

Jakarta – Bantuan sosial selama ini justru digunakan untuk kepentingan Pilkada. Untuk menghindari terulangnya hal tersebut, diusulkan agar 6 bulan menjelang pelaksaan Pemilukada, calon incumbent dilarang memberikan Bansos.

“Nanti di UU Pemilukada ada UU Pemda, perlu diusulkan agar 6 bulan menjelang pelaksanaan Pemilukada, calon bertahan (incumbent) dilarang membuat kebijakan strategis, terutama yang terkait dengan anggaran seperti Bansos,” usul anggota Komisi II DPR dari PKB, Abdul Malik Haramain, kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (28/9/2011).

Selain memanfaatkan dana Bansos, menurutnya, incumbent sering mempolitisasi jabatan atau mutasi PNS. Hal yang demikian menurut politisi senior PKB ini, akan merusak sistem promosi kepangkatan dan jabatan.

“Yang dukung incumbent diangkat dan ditempatkan di posisi bagus, sementara yang tidak mendukung dibuang. Ini termasuk kebijakan strategis. Makanya 6 bulan menjelang Pemilukada tidak boleh ada kebijakan mutasi,” terangnya.

Sejumlah program bantuan sosial yang pelaksanaannya di daerah tidak tepat sasaran. Dana yang seharusnya diberi ke masyarakat justru dipakai untuk keperluan politik kepala daerah.

Demikian pula diungkapkan Ryaas Rasyid, anggota Wantimpres bidang Otonomi Daerah, tentang masukan wantimpres dalam rapat kabinet paripurna. Dia ditemui wartawan di sela jeda sore rapat kabinet paripurna di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (28/9).

“Tadi dalam rapat wantimpres beri masukan ada banyak program kerja pemerintah yang tujuannya baik tapi di daerah tidak jalan,” ujar Ryaas.

Sebagian besar program kerja dari pusat yang tidak berjalan baik di daerah adalah untuk bantuan sosial. Maklum saja untuk program bantuan sosial, penggunaan dana ratusan milyar yang dikirim dari pusat jadi wewenang pemerintah daerah.

“Tidak fokusnya penggunaan dana akibat adanya kepentingan politik di daerah. Dana yang seharusnya untuk bantuan sosial, dipakai buat pilkada,” paparnya. (detiknews.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: