Waspada Penipuan Honorer

Jakarta— Rencana pemerintah yang bakal mengangkat 67 ribu tenaga honorer katagori I menjadi CPNS bulan ini berujung aksi tipu menipu. Badan Kepegawaian Nasional (BKN) mendapatkan laporan dari daerah jika ada  penipuan berkedok pendaftaran tenaga honorer baru. Dalam akasinya penipu mengiming-imingi korban bisa masuk menjadi tenaga honorer katagori III.
Kepala Bagian Humas BKN Tumpak Hutabarat di Jakarta kemarin (30/9) menjelaskan pihaknya mendapatkan laporan ini dari berbagai daerah. “Laporan ke saya hampir dari seluruh Jawa dan Sumatera”, papar Tumpak. Namun dirinya belum mendapatkan laporan ada korban dari upaya penipuan ini.
Terkait dengan agenda pengangkatan 67 ribu tenaga honorer katagori I, Tumpak menjelaskan landasan hukumnya dalam bentuk Peraturan Pemerintah (PP) hingga kemarin belum diteken. “Kemungkinan pekan depan ada perekmbangan bagus”, katanya.
Dijelaskannya kelompok tenaga honorer katagori I ini adalah tenaga honorer yang digaji dari APBN atau APBD. Tumpak menuturkan, beberapa persyaratan tenaga honorer katagori I dapat diangkat menjadi CPNS bulan ini antara lain berumur minimal 19 tahun dan maksimal 46 tahun per 1 Januari 2006. Selain itu harus memiliki masa kerja selama 1 tahun per 31 Desember 2005, diangkat oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) dan masih bekerja terus menerus. “Persyaratan ini bersifat mutlak. Kurang satu saja tidak bisa diangkat”, tandasnya. (radar cirebon)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: