Inilah Bocoran Reshuffle

Jakarta.- Memasuki pekan pertama bulan Oktober ini, perbincangan isu reshuffle semakin hangat. Hal itu ditandai dengan beredarnya sejumlah nama yang masuk dalam jajaran Kabinet Indonesia Bersatu jilid II.

Salah satu bocoran yang beredar di Blackberry messenger (BBM) yang tidak menyebut sumbernya, Minggu (2/10), menyebutkan bahwa posisi Menko Kesra akan diisi Fadel Muhammad. Pos Fadel yang selama ini sebagai Menteri Kelautan akan diisi Cicip Sharif Sutardjo dari Partai Golkar.
Sedangkan, Menteri BUMN Gita Wiryawan yang sebelumnya Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Menteri BUMN sebelumnya dijabat Mustafa Abubakar yang masih sakit. Pengganti Gita diproyeksikan Dirut Garuda Emirsyah Satar atau pengusaha Sandiaga Uno.
Menhub akan dijabat mantan Kepala Staf Angkatan Darat Goerge Toisutta menggantikan Freddy Numberi. Baik Toisutta maupun Numberi berasal dari Indoneia timur dan berlatar belakang militer.
Menteri Pekerjaan Umum diisi Budi Susilo Supandji yang kini menjabat Gubernur Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas). Budi menggantikan joko Kirmanto yang usianya paling senior di KIB II. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia akan dipegang Amir Syamsuddin dari Partai Demokrat. Sebelumnya, Patrialis Akbar berasal dari Partai Amanat Nasional.
Selanjutnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral akan diisi Dirut Pertamina Karen Agustiawan menggantikan Darwin Zahedy Saleh. Menakertrans akan dijabat Jumhur Hidayat yang saat ini Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga. Kerja Indonesia (BNP2TKI).
Muhaimin Iskandar yang digantikan akan menempati posisi sebagai Menteri Perumahan Rakyat. Muhaimin yang dari Partai Kebangkitan Bangsa menggantikan Suharso Monoarfa yang berasal dari Partai Persatuan Pembangunan.
Diperoleh keterangan, Pengadilan Agama Jakarta Selatan menjadwalkan sidang perdana gugatan cerai Carolina Kaluku terhadap suaminya, Menpera Suharso Manoarfa, pada Senin (3/10) ini. Sidang perdana akan dipimpin Wakil Ketua PA Jaksel, hakim Yasardin, dengan agenda mediasi kedua pihak.
Sejauh ini, Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Politik Daniel Sparingga mengatakan, reshuffle kabinet merupakan hak prerogatif presiden. Daniel tidak bersedia memastikan benar tidaknya setiap muncul bocoran reshuffle itu. “Tunggu saya tanggal mainnya, sebelum 20 Oktober,” katanya. (A-78/das)***pikiran rakyat.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: