Bentuk Dewan Etik, PKB Majalengka Minta Masukan Dari Masyarakat

K. Diding Joharuddin, Ketua Detik PKB
Majalengka–Ada satu hal yang menarik yang dilakukan oleh DPC PKB Kabupaten Majalengka. Guna menjaga kehormatan partai di mata publik, DPC PKB Majalengka kini telah membentuk lembaga baru, namanya Dewan Etik PKB (Detik PKB). Menurut Sekretaris DPC PKB Majalengka, Drs. Abdul Muin., lembaga ini bertugas untuk menggawangi kehormatan partai dari pembangkangan dan atau usaha-usaha pembusukan yang dilakukan pengurus atau kadernya.
“Intinya lembaga ini dibentuk untuk ngurus kader partai yang indisipliner“, kata Muin usai rapat pleno DPC PKB Majalengka, Selasa (4/10/11) di sekretariat Jalan Suha 204 Majalengka.”Ini sebagai jawaban dari keluhan pengurus, kader dan masyarakat luas terhadap perilaku kader PKB khususnya yang ada di dewan yang kurang baik”, tambah politisi asal kecamatan Sindangwangi ini.
Data yang diperoleh pkbmajalengka.online, Dewan Etik  ini ditugaskan kepada 5 orang pengurus DPC.  Sekretaris Dewan Syura K. Diding Joharuddin, didaulat menjadi ketua Detik, dibantu oleh Mas Zainal Abidin, SAg., Imam Royani AZ, Drs. Abdul Muin dan Dana Suganda.
Ketua Detik PKB, K. Diding Joharuddin saat dimintai komentar tentang tugas barunya ini mengemukakan kesiapannya untuk menjaga gawang kehorrmatan PKB dari usaha-usaha pembangkangan atau pembusukan yang dilakukan oleh kader partainya.  
“PKB itu identik dengan partai kyai dan santri yang mempunyai moralitas dan dedikasi di masyarakat. Maka jika ada kader partai ini yang tidak bermoral, indisipliner dan tidak mencerminkan akhlak kyai atau santri itu perlu di upgrade dulu ke-PKB-annya”, katanya sambil tersenyum. 
K. Diding juga mengharapkan masukan dari masyarakat luas terhadap perilaku kadernya tersebut. “Kami mengharapkan masukan dari masyarakat luas, khususnya tentang perilaku anggota dewan PKB. Silahkan datang ke sekretariat DPC atau melalui pos surat, atau via email di pkb_majalengka@yahoo.com”, terang politisi asal Kecamatan Cikijing ini.
Sementara itu, Ketua DPC PKB Majalengka, Naasir SAg, saat ditanya wewenang Dewan Etik menerangkan, lembaga ini sebagai pelaksana tugas DPC dalam membentuk kader partai yang loyal, bermoral dan disiplin. Jika ada kader partai yang melanggar etika dan peraturan partai maka lembaga ini yang akan menanganinya. 
“Prinsipnya, DPC PKB tidak akan mengeluarkan sanksi apapun kepada kader yang melanggar etika dan peraturan partai tanpa rekomendasi dari Dewan Etik”, tandasnya. (AS) 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: