Presiden Legowo PKS Keluar dari Koalisi

Ketua DPP Demokrat Kastorius Sinaga

Jakarta: Posisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berada di ujung tanduk. Sebab, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono legowo bila PKS keluar dari koalisi.

Ketua DPP Partai Demokrat Kastorius Sinaga, di Jakarta, kemarin, menjelaskan bahwa ancaman PKS tidak mempan. Menurut dia, SBY legowo bila PKS keluar dari koalisi. Karena itu, kata dia, SBY tetap mengedepankan pertimbangan peningkatan kinerja.

PKS tak henti bermanuver. Sekjen PKS Anis Matta membandingkan SBY dengan Pak Harto dalam menyusun kabinet. Ia mengatakan, saat menyusun kabinet, SBY menggunakan mekanisme uji kelayakan dan kepatutan. Akan tetapi, kata dia, SBY juga presiden yang paling sering merombak kabinet.

Simulasi perombakan kabinet sudah kelar. Presiden bersama Wapres Boediono menggodok perombakan kabinet secara intensif dan eksklusif di kediaman pribadi SBY di Puri Cikeas Indah, Bogor. “Kalau dari jadwalnya, harusnya (simulasi) sudah selesai,” ujar Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Politik Daniel Sparingga.

Cari selamat

Langkah selanjutnya ialah Presiden dan Wapres berkomunikasi terlebih dahulu dengan pimpinan partai politik anggota koalisi. Setelah itu, memberitahukan kepada yang akan diganti atau digeser, dan memanggil calon menteri. Semuanya secara simultan akan terjadi mulai minggu depan.

Wakil Sekjen PKS Mahfudz Shiddiq masih menunggu komunikasi dengan SBY. Itulah sebabnya, kata dia, PKS tidak mau menanggapi desakan Demokrat agar SBY mengurangi jatah menteri PKS yang saat ini empat menteri.

Strategi PKS menghadapi perombakan kabinet, menurut pengamat politik Ikrar Nusa Bakti, tidak cerdas. PKS mengedepankan politik megaphone yang memperlihatkan kepanikannya.

Mantan Wapres Jusuf Kalla mendukung perombakan kabinet. Menurut dia, sejumlah kementerian berkinerja buruk. Apalagi, kata dia, sekarang banyak pejabat yang lepas tanggung jawab atau hanya mencari selamat. Ia berharap penggantian menteri dilakukan secara profesional.(MI/ICH/Metrotvnews.com, )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: