Calhaj Majalengka Antri Hingga 2017

Majalengka – Sedikitnya 5.660 calon haji (calhaj) asal Kabupaten Majalengka harus menunggu keberangkatan hingga 2017. Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Majalengka mencatat 5.660 calhaj ini masuk ke dalam daftar tunggu atau waiting list hingga 2017.

Walaupun, ada beberapa dari calhaj yang bisa berangkat mulai 2012. “Sebagian jamaah ada yang bisa berangkat pada 2012, namun masih banyak calhaj baru bisa berangkat lima tahun mendatang.Ini dengan asumsi, setiap tahunnya kuota jamaah haji yang berangkat untuk Kabupaten Majalengka mencapai 1.105 jamaah,”kata Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Majalengka Hasan Sarip.

Dia menyebutkan, selain 5.660 calhaj yang masuk ke dalam waiting list hingga 2017, Kemenag juga telah mencatat pendaftar yang baru bisa berangkat pada 2018. Jumlahnya mencapai ratusan orang. “Sekarang saja,peminat kuota calhaj untuk 2018 sudah mencapai 300 pendaftar,”jelas dia.

Menurut dia, untuk menampung tingginya minat warga menjalankan ibadah haji,pihaknya telah mengupayakan untuk bisa menambah kuota jamaah haji. Hasan menjelaskan, pihaknya sudah beberapa kali melayangkan surat permohonan penambahan kuota kepada Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag dan Kemenag pusat.

“Mudah-mudahan pengajuan ini bisa segera dipertimbangkan agar kuota haji Majalengka bertambah.Sehingga daftar tunggu pendaftar calhaj tidak terlalu lama menunggu keberangkatannya,” ungkap dia.

Sementara itu, sebanyak 1.126 orang asal Kabupaten Majalengka mulai diberangkatkan pada 23 Oktober mendatang. Pada proses pemberangkatannya, mereka akan diberangkatkan melalui empat kelompok terbang (kloter), yakni kloter 59, 60, 80, dan 85. inin nastain sindo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: