RUU Pemilu : Pemilu Legislatif dan Presiden Bisa Digabung

Jakarta– Mantan Wakil Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ramlan Surbakti mengusulkan agar pelaksanaan pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres) digabung dalam waktu bersamaan. 

Penggabungan ini untuk lebih menguatkan sistem presidensial, selain untuk mencegah politik transaksional jika pemilihan dipisahkan. “Demi efektivitas sistem presidensial, pilpres semestinya digelar bersamaan dengan pileg. Sebab kecenderungannya orang yang memilih presiden yang diusung sebuah partai akan cenderung memilih partai yang sama dalam pileg. Itu hasil penelitian di manamana,” ujar Ramlan.

Dia menambahkan,dengan menyatukan waktu pileg dan pilpres, blocking politik akan otomatis tercipta. Yang menang ada di pemerintahan dan yang kalah ada di luar pemerintahan atau menjadi oposisi. Usulan tersebut, lanjut Ramlan, harus diatur dalam UU Pemilu yang tengah direvisi. Sementara itu,Ketua Badan Pengawas Pemilu Bambang Eka Cahya Widodo mengatakan, revisi UU Pemilu yang dibahas DPR masih sebatas tarik-menarik kepentingan dalam menetapkan parliamentary threshold(PT).

Bahkan,kata dia,revisi UU tersebut tidak mencerminkan perbaikan hukum pemilu. “Padahal yang jadi masalah besar dalam pemilu kita adalah lemahnya penegakan keadilan pemilu. Belum ada pengaturan yang jelas tentang hukum acara untuk pelanggaran pemilu. Mestinya ini diatur dalam RUU Pemilu,” ungkapnya. Bagi Bambang, revisi UU Pemilu semestinya bisa menjadi pintu masuk untuk membenahi sistem pengadilan pemilu dan pilkada.

Wakil Ketua Pansus RUU Pemilu Muhammad Arwani Thomafi menegaskan, tujuan revisi UU Pemilu adalah untuk memperbaiki kelemahan sistem pemilu yang berlaku pada UU No 10/2008 tentang Pemilu. Dia juga menampik bahwa revisi tersebut hanya ajang pertarungan kepentingan partaipartai menjelang Pemilu 2014. ● mohammad sahlan sindo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: