Kirab Resolusi Jihad, Ratusan Warga NU Arak Merah Putih Dari Surabaya Menuju Jakarta

Jakarta – Ratusan massa Nahdlatul Ulama dijadwalkan akan mengadakan kegiatan kirab, guna menyambut Hari Pahlawan 10 November. Acara yang rencananya akan dilaksanakan mulai tanggal 20 – 25 November 2011 ini bertajuk Kirab Resolusi Jihad. Dikatakan oleh oleh Ketua Panitia Nasional Kirab.


Ketua Panitia Kirab yang juga Sekjen DPP PKB,, Imam Nahrawi  Kamis (11/10/2011) di Aula Gedung PBNU Lantai 8, mengatakan nantinya Kirab ini akan mengarak sang saka Merah Putih dan Bendera Nahdlatul Ulama yang dilakukan oleh pasukan jalan kaki, ratusan sepeda motor dan puluhan mobil yang mengibarkan panji-panji Merah Putih dan NU disepanjang jalan mulai dari Surabaya hingga Jakarta selama enam hari perjalanan. 

“Kegiatan ini akan melibatkan ribuan massa NU di setiap kabupaten/kota yang akan dilalui  Kirab Resolusi Jihad. Mereka akan menyambut konvoi kirab dengan menggelar upacara serah terima bendera Merah Putih dan Nahdlatul Ulama dan berbagai kegiatan sosial,” kata Imam Nahrawi.

Dikatakan Imam, kegiatan kirab ini dalam pelaksanaannya nanti, akan memberikan santunan kepada keluarga pahlawan, anak yatim, pemberian bea siswa bagi anak berprestasi serta apel pasukan, gelar seni dan budaya lokal, maupun pengajian akbar di daerah yang dilalui kirab Resolusi Jihad.

“Kirab Resolusi Jihad tersebut, tentunya kami harapkan akan mampu menumbuhkan kembali semangat perjuangan, nasionalisme, patriotisme dan spirit rela berkorban demi tegaknya NKRI. Termasuk, mengambil keteladanan dari para kiai dan pahlawan yang dahulu mencetuskan Resolusi Jihad,” ungkapnya.

Lebih lanjut imam menjelaskan, Kirab Resolusi Jihad ini akan dimulai dari monumen Resolusi Jihad di Kantor PCNU Kota Surabaya menuju Gresik, Lamongan, Tuban, Rembang, Pati, Kudus, Demak, Semarang, Kendal, Batang, Pekalongan, Pemalang, Tegal, Brebes, Cirebon, Indramayu, Subang, Karawang, Bekasi, dan berakhir di Tugu Proklamasi Jakarta Pusat. 

“Kirab ini akan mengarak Sang Saka Merah Putih dan Bendera Nahdlatul Ulama oleh pasukan jalan kaki, ratusan sepeda motor dan puluhan mobil yang mengibarkan panji-panji Merah Putih dan NU disepanjang jalan mulai dari Surabaya hingga Jakarta selama 6 hari perjalanan,” jelasnya

Sementara itu, Pengagas Kegiatan Kirab Resolusi Jihad Muhaimin Iskandar dalam sambutannya saat  soft launching di gedung PBNU mengajak masyarakat Indonesia  melanjutkan cita – cita perjuangan ulama untuk kemerdekaan bangsa ini. Menurutnya,  sebenarnya banyak peran dari para ulama dan santri dialam merebut kemerdekaan namun hal ini tidak pernah tercatat secarah utuh dalam sejarah.

Lebih lanjut Cak Imin panggilan akrab Ketua Umum DPP PKB ini menerangkan,  munculnya gagasan kegiatan ini berawal saat Cak Imin bertemu dengan Habib Lutfi  ketika  melakukan perjalanan bersama menuju Jawa Tengah. Saat itu  Cak Imin ditantang  Habib Lutfi untuk berjalan kaki dari Jakarta menuju Surabaya   sambil mengawal Bendera Merah Putih.

“Habib Luthfi merasa miris melihat anak – anak muda sekarang sudah kehilangan jati dirinya dan sudah tidak lagi mau menghargai Bendera Merah Putih”, ungkapnya menirukan perkataan Habib Luthfi.

Selain itu Cak Imin juga melihat kurang populisnya Bendera atau panji-panji NU dikalangan Warga Nahdliyin sendiri sehingga Cak Imin memiliki rasa tanggung jawab untuk kembali memperkenalkan symbol-symbol dan panji-panji NU kepada masyarakat Nahdliyin.  (lie/dpp.pkb.online)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: