Aturan Pembubabaran Ormas Anarkis Akan Lebih Disederhanakan

Jakarta – Pemerintah dan DPR sepakat mekanisme pembekuan hingga pembubaran organisasi masyarakat (ormas) akan lebih disederhanakan. Mekanisme tersebut akan diatur dalam revisi Undang-Undang Nomor 8/1985 yang akan segera dibahas. 

“Ormas yang selama ini sering bertindak melanggar hukum, termasuk berbuat anarki harus siap-siap menghadapi kenyataan baru, sebab pembekuan aktivitas ormas dapat dengan mudah dilakukan, tidak seperti selama ini yang harus melewati serangkaian birokrasi sebagaimana diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 8/1985,”kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi seusai membuka Forum Penguatan Penghayatan Ideologi Pancasila di Jakarta kemarin.

Gamawan menjelaskan, RUU Ormas segera masuk pembahasan DPR bersama pemerintah, dan targetnya pada Mei 2012 sudah bisa disahkan. Jika rancangan aturan ini disahkan, imbuh dia, ormas yang sering melakukan kekerasan bisa langsung dibekukan ketika masuk persidangan. Apabila sudah terbukti melanggar maka bisa dibubarkan dari aktivitasnya.

Ketua Pansus RUU Ormas DPR Abdul Malik Haramain menjelaskan,pembahasan Revisi UU Nomor 8/1985 akan dilakukan secara terbuka sehingga benar-benar aspiratif bagi semua kelompok.

“Kami (DPR) ingin menyerap pendapatpendapat semua pihak terkait seperti ormas,organisasi kepemudaan, pemerintah,Komnas HAM, kepolisian, bahkan intelijen. Pembahasan RUU ini kami perkirakan baru selesai pertengahan 2012,”ujar Malik. mohammad sahlan /sindo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: