PKB Majalengka Buka Layanan Pengaduan Masyarakat

Majalengka–Satu langkah maju kembali dilakukan DPC PKB Majalengka. Guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, PKB Majalengka mulai hari ini Rabu (23/11/11) membuka layanan pengaduan masyarakat. 
Pengaduan masyarakat tersebut menurut Wakil Ketua DPC PKB Majalengka Bidang Kajian Strategis dan Pelayanan Publik, Drs. Muhammad Jubaedi, dapat berupa pengaduan yang bersifat internal partai dan pengaduan atas pelayanan  Pemkab Majalengka. Caranya, datang langsung ke sekretariat DPC PKB Majalengka sambil membawa poto copy KTP dan bukti-bukti yang diperlukan jika ada. Petugas DPC PKB nantinya akan mencatat semua pengaduan masyarakat tersebut. Pihaknya tidak membuka pengaduan lewat SMS atau kotak surat, karena khawatir tidak jelas pengirimnya.
“Jika masyarakat menemukan kader PKB, baik yang menjadi dewan maupun tidak, yang melakukan tindakan merugikan orang lain, silahkan adukan kepada kami. Kami akan memprosesnya dan jika terbukti kami tidak segan-segan akan memecatnya”, terang Ketua Fraksi PKB ini di kantor DPC PKB Majalengka, Jalan Suha 204 Majalengka.
Langkah ini menurutnya diilhami oleh adanya rumor yang berkembang di sebagian masyarakat atas perilaku kader PKB yang dinilai merugikan masyarakat. Namun hingga kini, pihaknya belum pernah mendapat pengaduan resmi dari pihak yang dirugikan. Karenanya, DPC PKB Majalengka meminta masukan, laporan atau pengaduan dari masyarakat jika ada kader PKB yang melakukan hal itu. 
“Ini bagian dari pendidikan politik. Masyarakat sebagai pemilik kedaulatan kami berikan hak seluas-luasnya untuk mengadukan anggota partai kami jika melakukan tindakan-tindakan yang merugikan”, tegasnya.
Sementara pengaduan yang bersifat kebijakan Pemkab Majalengka, menurut politisi asal Kecamatan Ligung ini dimaksudkan untuk meningkatkan kontrol partainya terhadap pelayanan pemkab kepada masyarakat. Masyarakat yang mendapatkan pelayanan tidak optimal dari aparat pemerintah, atau mendapat pelayanan tidak sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku dapat menyampaikan pengaduan kepada DPC PKB Majalengka.
“Dari pengaduan tersebut kami akan lakukan investigasi ke lapangan. Jika memang terbukti kami akan sampaikan kepada Bupati Majalengka untuk diperbaiki”, katanya.
Bagaimana andaikan Bupati tidak mau mengindahkan temuan PKB? Jubaidi hanya menjawab singkat “jangan berandai-andai lah, kita lihat saja nanti” ucapnya. (aan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: