Tunjangan Guru PAUD Akan Dinaikkan

Jakarta– Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mulai tahun depan akan memfokuskan kinerja pada peningkatan kesejahteraan guru pendidikan anak usia dini (PAUD).

Peningkatan kesejahteraan itu di antaranya dilakukan melalui pemberian beasiswa sarjana (S-1) dengan jumlah 19.000 orang. Plt Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini Pendidikan Nonformal dan Informal (PAUD NI) Kemendikbud Hamid Muhammad mengatakan, jumlah guru PAUD yang sudah mengikuti sertifikasi baru mencapai 262.000 atau sekitar 15% dari total guru PAUD yakni 450.000 orang.

Dengan pemberian beasiswa ini, peningkatan sertifikasi guru PAUD dapat terjadi pula. Para guru itu juga akan diajarkan pelatihan potensi guna mencapai kualitas yang sesuai peraturan. Sedangkan untuk guru PAUD swasta yang tidak mendapatkan tunjangan profesi, Kemendikbud akan memberikan tunjangan sebesar Rp150.000 per bulan dari awalnya Rp100.000. “Honorarium mereka ratarata Rp300.000 per bulan. Kita dorong terus supaya mereka tidak menggantungkan pada sistem honorarium,” kata Hamid di Jakarta kemarin.

Dirjen Pendidikan Menengah (Dikmen) Kemendikbud ini juga menjelaskan, angka partisipasi PAUD saat ini baru 56%. Karena itu, Kemendikbud berupaya untuk menaikkannya minimal 4% per tahun. Hal ini untuk mengejar target Education for All (EFA) yang dicanangkan UNESCO, di mana 22,5 juta anak usia dini harus masuk lembaga PAUD. Hingga saat ini di Indonesia baru ada 16 juta anak usia dini yang masuk PAUD.

Itu pun masih digabung dengan siswa taman pendidikan keagamaan. Program untuk meningkatkan angka partisipasi ini, kata Hamid, salah satunya dengan mendirikan PAUD terpadu, di mana pada satu TK akan didorong untuk membuka kelompok bermain atau taman pendidikan keagamaan dan begitu pula sebaliknya.

Dengan demikian, program ini akan menambah 65.000 kelompok bermain baru. Anggota Komisi X DPR Hetifah Sjaifudian mengatakan, diperlukan rencana strategi tentang standar pelaksanaan PAUD. Menurut dia, pelaksanaan PAUD saat ini masih berbeda antara satu dan yang lain. Selain itu, ada PAUD yang berbiaya mahal dan tidak dapat dijangkau semua kalangan. neneng zubaidah/sindo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: